Analisis Pengaruh Keramahan Lingkungan terhadap Green Trust, Green Satisfaction dan Green Perceived Quality pada Konsumen The Body Shop di Yogyakarta
Abstract
Studi ini bertujuan untuk meneliti ada atau tidaknya Pengaruh positif Keramahan Lingkungan pada Green Trust, dan mengeksplorasi efek mediasi dari Green Satisfaction dan Green Perceived Quality. Sebanyak 200 konsumen yang berpengalaman menggunakan The Body Shop di daerah Sleman, provinsi Yogyakarta telah dipilih sebagai sampel penelitian ini. Instrumen penelitian, berupa kuesioner dikembangkan berdasarkan instrumen yang telah dipakai oleh peneliti lain, serta telah diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum diedarkan kepada responden.
Pada penelitian ini digunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program AMOS 22.0 untuk menguji hipotesa yang telah dikembangkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Keramahan Lingkungan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Green Satisfaction, Green Perceived Quality dan Green Trust. (2) Green Satisfaction dan Green perceived Quality secara postif mempengaruhi Green Trust. (3) Green Satisfaction dan Green perceived Quality secara parsial memediasi hubungan positif antara Keramahan Lingkungan dan Green Trust. Dengan kata lain, semua semua hipotesis dinyatakan diterima.
Collections
- Management [4527]