ANALISIS STRATEGI BERSAING NAMIRA HOTEL SYARIAH DENGAN PORTER FIVE FORCES
Abstract
Bisnis perhotelan menjadi salah satu penunjang yang sangat cepat kemajuannya dalam sektor pariwisata dengan makin pesatnya industri perhotelan di Indonesia. Usaha di bidang perhotelan menunjukkan adanya persaingan yang semakin ketat. Untuk dapat bertahan dalam persaingan industri perhotelan dibutuhkan perencanaan dan pengembangan strategi perusahaan yang tepat dan efektif. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi bersaing yang digunakan Namira Hotel Syariah dengan Porter Five Forces yang diantaranya yaitu ancaman pendatang baru, persaingan diantara para pesaing, kekuatan tawar menawar pemasok, kekuatan tawar menawar pembeli dan ancaman produk pengganti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menganalisis data yang ada dan wawancara kepada satu orang manajer hotel dan testimoni dari lima orang pengunjung hotel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Obyek penelitian yang digunakan adalah pihak manajemen dan pengunjung Namira Hotel Syariah. Berdasarkan hasil penelitian dan wawancara dapat disimpulkan bahwa strategi bersaing yang digunakan Namira Hotel Syariah dengan model Porter five forces adalah strategi pemusatan (fokus). Namira Hotel Syariah berfokus pada pangsa pasar yaitu sebagai hotel budgeting dan pelanggan yang interest dengan hotel syariah serta sebagai hotel alternatif bagi pengunjung.
Collections
- Islamic Economics [826]