PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP EFIKASI DIRI AKADEMIK AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH PONTIANAK
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode eksperimental yang bertujuan untuk melihat dampak penggunaan metode pembelajaran Jigsaw pada efikasi diri akademik Akuntansi Siswa SMK Muhammadiyah I Pontianak. Peneliti mengaplikasikan pembelajaran Jigsaw berdasarkan teori pembelajaran kooperatif Silberman (2009) yang terdiri atas dua tahap pertemuan. Skala yang digunakan pada penelitian ini adalah skala Likert dalam bentuk kuisioner. Jumlah keseluruhan siswa yang berpartisipasi dalam eksperimen ini sebanyak 28 siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS, dengan hasil p adalah (0.051) > 0.05. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan antara sebelum dengan sesudah pelaksanaan metode pembelajaran Jigsaw terhadap efikasi diri akademik Akuntansi pada Siswa SMK Muhammadiyah Pontianak.
Kata Kunci : Efikasi Diri, Efikasi Diri Akademik, Metode Pembelajaran Jigsaw,
Siswa SMK
Collections
- Psychology [2173]