Analisis Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Keunggulan Bersaing dengan Inovasi Produk sebagai Variabel Intervening
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, terhadap Keunggulan Bersaing dengan inovasi produk sebagai variable intervening. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemilik atau manajer UKM gudeg di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience simple random sampling. Dengan menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan metode Partial Least Square (PLS) diperoleh hasil bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk, orientasi pasar dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. orientasi kewirausahaan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap inovasi produk dan orientasi kewirausahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing.
Collections
- Management [4703]