Analisis Sikap Pembeli Motor terhadap Penggunaan Selebritis Pendukung Komeng pada iklan Yamaha Yupiter Z
Abstract
mengamati perkembangan iklan di media seperti televisi surat kabar dan
lain-lain maka kita seringkali melihat iklan produk yang berlomba menampilkan
kualtas iklan yang baik baik di lihat dari segi artistik estetik atau dari segi penyampaian iklan. Iklan harus dibuat dengan ide atau konsep yang kreatif pada konsep iklan baik itu pada tata suara, pesan yang disampaikan, dialog, tampilan gambar,
dan model yang pilih, sehingga tujuan iklan dapat terpenuhi
salah satunya yaitu diingat oleh konsumen. Khusus dalam pemilihan pemanfaatan
model (selebritis pendukung) pada suatu iklan, akhir-akhir ini menjadi tren para
produsen dalam memasarkan produknya. Model iklan yang biasanya terdiri dari kalangan selebritis dan non selebritis tak ubahnya sebuah merk, ia memiliki arti
dan asosiasi, ia mempunyai nilai dan loyalitas. Oleh karenanya, model iklan dimanfaatkan seagai kendaraan bagi para produsen untuk mendukung dan membantu meningkatkan brand awareness sebuah produk atau jasa. Sebagai
pendukung (endoser), model iklan memberi warna dan getaran pada produk atau
jasa yang diiklankan itu. Bahkan ia menjadi cermin dan janji yang diucapkan
produsen terhadap konsumen atas kualitas produk yang mereka hasilkan.
Penelitian ini mencoba untuk mengetahui dan menentukan besarnya
sumbangan atribut selebritis pendukung (kesamaan, keakraban, menyenangkan
keahlian, dan kepercayaan) terhadap keyakinan, evaluasi dan sikap pembeli motor
ketika digunakannya selebritis pendukung Komeng pada iklan Yamaha Yupiter Z.
Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 orang responden pembeli motor yang berada di wilayah Sukabumi dengan menggunakan teknik purposive dan convinience sampling. Analisis data menggunakan metode sikap Fishbean, rata-rata hitung, dan analisis pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji Kruskal-Wallish (H) dengan taraf signifikansi 5%. hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa seluruh segmen konsumen
(berdasarkan jenis kelamin, pekerjaan dan pendapatan) mempunyai keyakinan,
evaluasi dan sikap yang positif hampir pada semua atribut yang diteliti, dan ada
perbedaan keyakinan, evaluasi, dan sikap konsumen terhadap penggunaan
selebritis pendukung Komeng pada iklan Yamaha Yupiter Z. Adapun atribut yang
paling dominan dalam memberikan sumbangan terhadap keyakinan dan evaluasi
adalah atribut kepercayaan (trustworthiness).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka hal yang perlu dilakukan oleh
perusahaan adalah bagaimana mempertahankan imej selebritis pendukung supaya
sikap yang sudah terbentuk positif dapat bisa dipertahankan.
Collections
- Management [4552]