Analisis Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Akademik FE UII Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008
yang sesuai dengan teori prinsip ISO 9001 dalam meningkatkan kualitas pelayanan
akademik FE UII Yogyakarta, varibale yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Sistem manajamen Mutu ISO 9001:2008 yang meliputi Fokus Pelanggan,
Kepemimpinan, pelibatan Orang, Pendekatan Proses, Pendekatan Sistem Pada
Manajemen, Perbaikan Berkesinambungan, Pendekatan fakta pada pengambilan
keputusan, dan Hubungan yang saling menguntungkan dengan pemasok serta varibale
tingkat kualits pelayanan yang diproleh dari kinerja kualitas pelayanan akademik FE UII
Yogyakarta.
Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar kuisoner kepada 170 responden
mahasiswa FE UII Yogyakarta. Untuk melihat pengaruh Sistem Manajemen Mutu ISO
9001:2008 yang sesuai dengan teori prinsip ISO 9001 dalam meningkatkan Kualitas
Pelayana Akademik FE UII Yogyakarta dengan menggunakan analisis Regresi Berganda
dan Diagram Cartesius.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008
berpengaruh dalam meningkatkan Kualitas Pelayanan Akademik FE UII Yogyakarta
yaitu sebesar 28,3%. Dari kedelapan dimensi Sistem Mnajemen Mutu ISO 9001:2008
yang berpengaruh dalam meningkatkan kualitas pelayanan hanya tiga dimensi yaitu
Hubungan Saling Menguntungkan dengan Pemasok, yang kedua adalah Pendekatan
Proses, dan yang ketiga adalah Pendekatan Sistem Pada Manajemen yang lainnya belum
dirasakan maksimal dalam meningatkna kualitas pelayanan FE UII Yogyakarta. Aspekaspek yang memberikan kepuasan terhadap mahasiswa melalui sarana dan prasarana
umum seperti toilet, air, listrik, dll, perhatian dan komunikasi petugas adminsitrasi
perpustakaan, materi perkuliahan yang disampaikan sesuai dengan perkembanggan yang
ada, dosen memberikan peluang diskusi pada mahasiswa jika mahasiswa ingin
mengetahui materi lebih datail, Segera ada penggantian jika ada perlengkapan/peralatan
kuliah yang mengalami gangguan/kerusakan, ketersedian fasilitas pelayanan akademik
FE UII, perhatian dan komunikasi petugas adminsitrasi keuangan, kondisi perlengkapan
dan peralatan kelas
Collections
- Management [4545]