Analisis Dimensi Relationship Marketing Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan dan Word of Mouth (Studi Pada Event Organizer Dream 08 Gorontalo)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kepercayaan pelanggan,
komitmen pelanggan, komunikasi pelanggan, penanganan konflik yang mempengaruhi
loyalitas pelanggan dan word of mouth. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan jasa
Event Organizer Dream 08, di Jl. Ki. Hajar Dewantoro, Kota Gorontalo
Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Dream 08 sejak tahun 2015.
Sampel ditentukan dengan metode non probability dengan jumlah responden sebanyak
100. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan daftar pertanyaan kepada
responden yaitu pelanggan Dream 08 tentang kepercayaan pelanggan, komitmen
pelanggan, komunikasi, penanganan konflik, loyalitas pelanggan dan word of mouth.
Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Hipotesis diuji dengan T
test dan F test.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa kepercayaan pelanggan, Komunikasi
pelanggan, komitmen pelanggan , secara parsial signifikan terhadap loyalitas pelanggan,
sementara penanganan konflik tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sementara
secara simultan kepercayaan pelanggan, komunikasi pelanggan, komitmen pelanggan dan
penanganan konflik pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dan hasil
pengujian juga menunjukan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara loyalitas
pelanggan terhadap word of mouth.
Collections
- Master of Management [408]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Switching Cost, Kepuasan Pelanggan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan ( Penelitian Survey pada Pelanggan Hand phone Nokia )
Chandra Haris Y (Universitas Islam Indonesia, 2008)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: seberapa besar pengaruh Switching cost, Kepuasan pelanggan dan Kepercayaan pelanggan secara bersama sama terhadap Loyalitas pelanggan; serta variabel apakah yang paling dominan ... -
Analisis Hubungan Kepuasan Pelanggan, Citra Merek Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Handphone Samsung (Survei Pada Mahasiswa Pengguna Handphone Samsung Di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Uii Yogyakarta)
Billy Febrian Ghafar (Universitas Islam Indonesia, 2016)Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara kepuasan pelanggan, citra merek, dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pengguna handphone Samsung di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas ... -
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPUASAN PELANGGAN, KUALITAS CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN RESTORAN MCD
Fatikasari, Monica Ayu Rahma (Universitas Islam Indonesia, 2023-03-31)Di tengah persaingan yang semakin ketat dan konsumerisme yang telah berkembang pesat akhir-akhir ini, diperlukan upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan pada industri makanan cepat saji. Salah ...