dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kepercayaan pelanggan,
komitmen pelanggan, komunikasi pelanggan, penanganan konflik yang mempengaruhi
loyalitas pelanggan dan word of mouth. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan jasa
Event Organizer Dream 08, di Jl. Ki. Hajar Dewantoro, Kota Gorontalo
Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Dream 08 sejak tahun 2015.
Sampel ditentukan dengan metode non probability dengan jumlah responden sebanyak
100. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan daftar pertanyaan kepada
responden yaitu pelanggan Dream 08 tentang kepercayaan pelanggan, komitmen
pelanggan, komunikasi, penanganan konflik, loyalitas pelanggan dan word of mouth.
Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Hipotesis diuji dengan T
test dan F test.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa kepercayaan pelanggan, Komunikasi
pelanggan, komitmen pelanggan , secara parsial signifikan terhadap loyalitas pelanggan,
sementara penanganan konflik tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sementara
secara simultan kepercayaan pelanggan, komunikasi pelanggan, komitmen pelanggan dan
penanganan konflik pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dan hasil
pengujian juga menunjukan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara loyalitas
pelanggan terhadap word of mouth. | id |