Show simple item record

dc.contributor.authorYustiyanto, Widy Ari
dc.date.accessioned2017-12-29T17:02:56Z
dc.date.available2017-12-29T17:02:56Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5029
dc.description.abstractKecenderungan dari beberapa perusahaan saat ini lebih mengutamakan pelayanan terhadap pelanggannya. Mangingat mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan mencari pelangan baru biayanya jauh lebih murah, maka menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan yang sudah ada perlu dibina. Dari kecenderungan diatas, penulis mencoba menawarkan salah satu dari sekian banyak solusi yang mungkin bisa dijadikan sebagai alternatif dalam memecahkan permasalahan yang ada. Customer Relationship Management atau biasa disingkat CRM adalah salah satu metode yang bisa dijadikan sebagai alternatif dalam memecahkan persoalan yang ada dalam bisnis/usaha. Customer Relationship Mangement (CRM) merupakan stretegi memperoleh, mengkonsolidasi dan menganalisis data customer dan kemudian dipergunakan untuk berinteraksi dengan customers. Dengan demikian memberikan suatu pandangan yang komprehensif terhadap customer dan mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan customer. Objek yang dijadikan penelitian adalah beberapa company yang memang mengalami kendala didalam masalah marketing. Adanya kesulitan dalam melacak pelanggan oleh karyawan yang masih baru, karena tidak adanya sistem yang mendukung. Dalam penelitian ini penulis mencoba menggunakan metoda observasi dan juga wawancara terhadap objek, serta studi literatur sebagai bahan acuan utama dalam mengembangkan perangkat lunak. Penelitian dilakukan terhadap konsep customer relationship management yang pada akhirnya diterjemahkan kedalam sebuah bahasa dalam perangkat lunak yang bisa dijadikan alat oleh pengguna konsep CRM. Penelitian yang dilakukan penulis kemudian diterjemahkan dalam sebuah aplikasi yang bisa menangani beberapa proses yang dibutuhkan oleh perusahaan. Diantaranya adalah proses input data, proses data layanan dan proses pelaoran. Pada proses input data, data-data yang dimasukkan adalah data customer, data company, data activities dan data product. Pada proses layanan yang dilakukan adalah layanan pembuatan schedule dan layanan pembuatan event. Sedangkan pada proses pelaporan adalah pelaporan untuk data customer, data company, data activities dan data, product. Aplikasi CRM hanyalah sekedar teknologi yang menjadi alat (tool) bagi perusahaan. Untuk manjamin implementasi aplikasi customer relationship management yang sukses, banyak faktor harus dibenahi terlebih dahulu oleh perusahaan.en_US
dc.publisherUII Yogyakartaen_US
dc.subjectPembuatan Aplikasien_US
dc.subjectCustomer Relationship Managementen_US
dc.subjectPerusahaan Ritelen_US
dc.titlePembuatan Aplikasi Customer Relationship Management pada Perusahaan Ritelen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record