Konstruk Branding Halal Serta Pengaruhnya Pada Niat Pembelian dan WOM di Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh positif kontruk branding Halal
yaitu Persepsi Kualitas Merek Halal atau Halal Brand Perceived Quality, Citra
Merek Halal atau Halal Brand Image, dan Kepercayaan Merek Halal atau Halal
Brand Trust terhadap Niat Pembelian dan Word of Mouth. Penelitian menggunakan
pendekatan empiris dengan melakukan convinience sampling pada warga negara
Indonesia sehingga terkumpul sebanyak 313 responden dan pengolahan data
menggunakan teknik Struktural Equation Modelling dengan sofware SEM AMOS
24. Temuan pada penelitian ini bahwa Halal Brand Perceived Quality, Halal Brand
Image, dan Halal Brand Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat
Pembelian dan Word of Mouth. Halal Brand Perceived Quality berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Halal Brand Image dan Halal Brand Trust. Halal Brand
Image berpengaruh positif & signifikan terhadap Halal Brand Trust, namun Halal
Brand Trust tidak memberikan pengaruh terhadap Word of Mouth. Niat pembelian
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Word of Mouth. Temuan tersebut
memberikan masukan bagi pemasar dalam program strategik maupun taktis
pemasaran untuk memperbaiki dan meningkatkan Halal Brand Perceived Quality,
Halal Brand Image, dan Halal Brand Trust yang kemudian meningkatkan
penjualan & menyebarkan positif Word of Mouth. Pemasar dapat melakukan
program sertifikasi Halal, implementasi sistem keamanan pangan, pembaharuan
proposisi merek, dan komunikasi intentif kepada konsumen guna terciptanya
peningkatan persepsi kualitas positif, citra merek dan kepercayaan konsumen yang
kuat terhadap merek Halal.
Collections
- Management [4703]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Komunikasi Merek, Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek Pada Pengguna Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus pada konsumen kosmetik halal Wardah di Yogyakarta)
Arif Kurdianto (Universitas Islam Indonesia, 2020)Banyaknya produk kosmetik yang membanjiri di pasaran mempengaruhi minat seseorang dalam memilih produk kosmetik yang halal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengguna produk kosmetik Wardah di Yogyakarta. Jenis ... -
Peran E-wom Pada Citra Merek Halal dan Minat Beli Kosmetik Halal
Zahrah, Wulandini Az (Universitas Islam Indonesia, 2023)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari altruisme, kewajiban moral, dan citra merek halal terhadap minat beli produk kosmetik halal di Indonesia yang dimediasi oleh variabel e-WOM. Populasi pada penelitian ... -
DAMPAK PEMBINGKAIAN POTONGAN HARGA TERHADAP NIAT PEMBELIAN MELALUI REPUTASI MEREK DAN CITRA MEREK PADA KONSUMEN KOSMETIK HALAL ZOYA
Djannah, Umul (Universitas Islam Indonesia, 2023-04-05)Dalam kehidupan sehari-hari kosmetik menjadi kebutuhan bagi penggunanya baik pria maupun wanita. Sehingga produsen kosmetik berusaha mempengaruhi pengguna dengan menerapkan pembingkaian potongan harga pada setiap produk. ...