DAMPAK PEMBINGKAIAN POTONGAN HARGA TERHADAP NIAT PEMBELIAN MELALUI REPUTASI MEREK DAN CITRA MEREK PADA KONSUMEN KOSMETIK HALAL ZOYA
Abstract
Dalam kehidupan sehari-hari kosmetik menjadi kebutuhan bagi
penggunanya baik pria maupun wanita. Sehingga produsen kosmetik berusaha
mempengaruhi pengguna dengan menerapkan pembingkaian potongan harga pada
setiap produk. Penerapan pembingkaian potongan harga berpengaruh terhadap niat
pembelian serta reputasi merek dan citra merek. Namun penelitian ini hanya
melihat hubungan antara pembingkaian potongan harga, niat pembelian, reputasi
merek, dan citra merek pada pengguna kosmetik halal Zoya. Oleh karena itu tujuan
penelitian ini untuk melihat dampak pembingkaian potongan harga terhadap niat
pembelian melalui reputasi merek dan citra merek. Peneliti menggunakan metode
kuantitatif dengan 250 sampel yang valid dari responden di wilayah seluruh
Indonesia, kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM)
yang dibantu dengan program Analysis of Moment Structure versi 20 (AMOS 20)
dengan teknik maximum likehood. Hasil penelitian menunjukkan pembingkaian
potongan harga mempengaruhi niat pembelian konsumen kosmetik halal Zoya
berkaitan dengan reputasi merek dan citra merek.
Collections
- Management [4550]