PENGARUH INOVASI MEREK DAN KUALITAS YANG DIRASAKAN TERHADAP NILAI YANG DIRASAKAN KONSUMEN PADA MEREK PRODUK KECANTIKAN LOKAL “SOMETHINC” : MEDIASI OLEH PENGALAMAN DAN KEPRIBADIAN MEREK
Abstract
Nilai yang dirasakan telah menjadi salah satu aspek penting dalam literatur
merek yang berkaitan dengan perilaku konsumen. Nilai yang dirasakan dianggap
sebagai tujuan strategis perusahaan karena memiliki hubungan secara langsung
dengan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari dua
kualitas fungsional merek, yaitu inovasi dan kualitas, terhadap nilai yang
dirasakan konsumen merek produk kecantikan lokal “Somethinc”, melalui
hadirnya peran mediasi dari dua kualitas simbolis merek, yaitu pengalaman dan
kepribadian merek. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan teknik
convenience sampling pada populasi mahasiswa/i sarjana S1 (undergraduate) dari
seluruh Universitas di Indonesia yang merupakan konsumen merek produk
kecantikan lokal “Somethinc”. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 200
responden yang diambil melalui kuesioner online. Teknik analisis data yang
digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah metode SEM
(Structural Equation Modeling) yang mengandalkan program AMOS (IBM SPSS
AMOS versi 24). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif
dan signifikan dari variabel inovasi merek terhadap kepribadian merek, kualitas
yang dirasakan terhadap pengalaman merek, kualitas yang dirasakan terhadap
kepribadian merek, kualitas yang dirasakan terhadap nilai yang dirasakan,
pengalaman merek terhadap nilai yang dirasakan, dan kepribadian merek terhadap
nilai yang dirasakan. Dari model yang telah diajukan, terdapat dua hipotesis yang
tidak diterima yaitu hubungan antara variabel inovasi merek dengan pengalaman
merek dan nilai yang dirasakan. Penelitian ini juga menunjukkan adanya peran
positif dari variabel pengalaman merek dan kepribadian merek dalam memediasi
hubungan antara variabel inovasi merek dan kualitas yang dirasakan dengan nilai
yang dirasakan.
Collections
- Management [4703]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Pengaruh Keakraban Merek, Merek Kesukaan, Merek Kepercayaan dan Negara Asal Merek Terhadap Minat Beli Pelanggan Sepatu Merek Nike (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UII)
Indriani, Riza Amalia (UII Yogyakarta, 2015-08-20)Di era global ini semakin tinggi tingkat persaingan bisnis. Hal ini memaksa perusahaan untuk bisa lebih mengembangkan dan memasarkan produk mereka agar mampu mempertahankan produknya serta memenangkan persaingan. Diikuti ... -
PENGARUH ASOSIASI MEREK, LOYALITAS MEREK, KESADARAN MEREK, DAN CITRA MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK PADA PRIVATE LABEL FASHION DARING
Yudistira Dimas Adiputra, 14311216 (Universitas Islam Indonesia, 2018-08-10)Ekuitas merek merupakan aspek penting yang ada dalam pemasaran. Terdapat beberapa indikator yang dapat berpengaruh terhada ekuitas merek yaitu asosiasi merek, loyalitas merek, kesadaran merek, dan citra merek. Tujuan dari ... -
Pengaruh Asosiasi Merek, Kesetiaan Merek, Kesadaran Merek, Dan Citra Merek Terhadap Ekuitas Merek Mie Instan Indomie Pada Mahasiswa Strata 1 Yang Merantau Di Yogyakarta
DENI SAPUTRA (Universitas Islam Indonesia, 2021-04-21)Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dimensi Ekuitas Merek yang mempengaruhi Ekuitas Merek mie instan Indomie pada mahasiswa strata 1 yang merantau di Yogyakarta. Signal detection theory dapat mendeteksi ...