• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Business and Economics
    • Management
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Business and Economics
    • Management
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Sikap Dan Persepsi Halal Terhadap Niat Berkunjung Destinasi Wisata Halal Pada Komunitas Islam Berbasis Theory Of Planned Behavior

    Thumbnail
    View/Open
    19311217.pdf (7.367Mb)
    Date
    2023-01
    Author
    DESNA RAMADHANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sektor yang mengalami perkembangan paling dinamis dan cepat di dunia dalam beberapa dasawarsa terakhir ini adalah sektor pariwisata. Pariwisata merupakan sektor yang mendapat pengaruh tren gaya hidup halal. Gaya hidup halal saat ini dijadikan tren yang tidak hanya di negara-negara dengan mayoritas Muslim, tetapi juga di negara-negara yang jumlah penduduk Muslimnya hanya sebagian kecil. Lebih lanjut terdapat perbedaan pendapat pada penelitian sebelumnya terkait variabel-variabel yang memengaruhi niat seseorang. Teori besar pada penelitian ini adalah Theory of Planned Behavior dengan Persepsi Halal sebagai novelty untuk menggambarkan pandangan konsumen terhadap penerapan prinsip syariah yang diberlakukan pada lokasi wisata, serta ketersediaan produk dan layanan halal di destinasi wisata halal. Gap pada penelitian ini adalah sikap di mana terdapat perbedaan hasil dalam penelitian terdahulu. Berdasarkan penjelasan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, norma subjektif, persepsi halal, dan sikap terhadap niat mengunjungi destinasi wisata halal, khususnya pada Wisata Sunan Ampel Surabaya yang menjadi objek penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner dengan skala Likert kepada 221 responden yang merupakan seorang Muslim dari komunitas Islam, berusia mulai dari 17 tahun, tinggal di Jawa Timur, serta tertarik untuk mengunjungi destinasi Wisata Sunan Ampel di Surabaya. Proses pengujian penelitian ini dibantu dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics 23 dan SEM-AMOS 24. Penggunaan SEM ini dilakukan karena penulis ingin mengonfirmasi penelitian terdahulu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh tidak signifikan pada salah satu di antara enam hipotesis yang positif dan signifikan, yaitu tertolaknya hipotesis antara sikap terhadap wisata halal terhadap niat beli, sehingga niat seorang Muslim untuk mengunjungi Wisata Sunan Ampel Surabaya tidak semata-mata didasarkan pada sikap mereka mengenai wisata halal.
    URI
    https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/44928
    Collections
    • Management [4123]

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV