Show simple item record

dc.contributor.authorDESNA RAMADHANTI
dc.date.accessioned2023-05-24T06:16:53Z
dc.date.available2023-05-24T06:16:53Z
dc.date.issued2023-01
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/44928
dc.description.abstractSektor yang mengalami perkembangan paling dinamis dan cepat di dunia dalam beberapa dasawarsa terakhir ini adalah sektor pariwisata. Pariwisata merupakan sektor yang mendapat pengaruh tren gaya hidup halal. Gaya hidup halal saat ini dijadikan tren yang tidak hanya di negara-negara dengan mayoritas Muslim, tetapi juga di negara-negara yang jumlah penduduk Muslimnya hanya sebagian kecil. Lebih lanjut terdapat perbedaan pendapat pada penelitian sebelumnya terkait variabel-variabel yang memengaruhi niat seseorang. Teori besar pada penelitian ini adalah Theory of Planned Behavior dengan Persepsi Halal sebagai novelty untuk menggambarkan pandangan konsumen terhadap penerapan prinsip syariah yang diberlakukan pada lokasi wisata, serta ketersediaan produk dan layanan halal di destinasi wisata halal. Gap pada penelitian ini adalah sikap di mana terdapat perbedaan hasil dalam penelitian terdahulu. Berdasarkan penjelasan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, norma subjektif, persepsi halal, dan sikap terhadap niat mengunjungi destinasi wisata halal, khususnya pada Wisata Sunan Ampel Surabaya yang menjadi objek penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner dengan skala Likert kepada 221 responden yang merupakan seorang Muslim dari komunitas Islam, berusia mulai dari 17 tahun, tinggal di Jawa Timur, serta tertarik untuk mengunjungi destinasi Wisata Sunan Ampel di Surabaya. Proses pengujian penelitian ini dibantu dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics 23 dan SEM-AMOS 24. Penggunaan SEM ini dilakukan karena penulis ingin mengonfirmasi penelitian terdahulu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh tidak signifikan pada salah satu di antara enam hipotesis yang positif dan signifikan, yaitu tertolaknya hipotesis antara sikap terhadap wisata halal terhadap niat beli, sehingga niat seorang Muslim untuk mengunjungi Wisata Sunan Ampel Surabaya tidak semata-mata didasarkan pada sikap mereka mengenai wisata halal.en_US
dc.titlePengaruh Sikap Dan Persepsi Halal Terhadap Niat Berkunjung Destinasi Wisata Halal Pada Komunitas Islam Berbasis Theory Of Planned Behavioren_US
dc.Identifier.NIM19311217


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record