Pengaruh Interaksi, Keahlian, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Citra Serta Kredibilitas Untuk Memengaruhi Niat Pembelian Dalam Pemasaran Influencer Media Sosial Pada Konsumen Erigo
Abstract
Internet memungkinkan terciptanya peluang-peluang baru dalam dunia bisnis. Saat
ini, media sosial seperti Facebook dan Twitter mempermudah perusahaan dalam
berinteraksi kepada pelanggannya. Salah satu saluran baru yang muncul karena
fenomena media sosial adalah pengguna jasa Influencer untuk mengiklankan suatu
produk. Influencer adalah individu yang aktif menggunakan akun sosial medianya
sebagai media untuk memberikan informasi serta terlibat dalam suatu topik tertentu.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh atribut influencer seperti
interaksi, keahlian, kepercayaan, kepuasan citra dan kredibilitas terhadap niat beli
konsumen dalam pemasaran influencer media sosial. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan data primer sebanyak 242 responden. Pengambilan
data ini dilakukan melalui kuesioner online menggunakan Google Forms yang
disebarkan melalui media sosial. Metode analisis yang digunakan pada penelitian
ini adalah metode analisis deskriptif yang kemudian analisis hipotesis diolah
menggunakan software SmartPLS 4.0. Penelitian ini menunjukkan hasil di mana
interaksi, keahlian, dan kepercayaan berpengaruh secara positif dan signifikan
terhadap kepuasan citra dan kredibilitas. Selanjutnya kepuasan citra dan kredibilitas
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat pembelian konsumen.
Collections
- Management [4703]