Pengaruh Inovasi Hijau Terhadap Kesuksesan Produk Hijau yang di Mediasi Oleh Keunggulan Kompetitif (Studi Empiris pada Industri Batik di Yogyakarta)
Abstract
Tujuan - Tujuan artikel ini adalah untuk mencari tahu dan menyelidiki tentang
pengaruh inovasi produk hijau dan inovasi proses produk pada dua konstruksi rantai
kasual inovasi hijau: keunggulan kompetitif produk hijau dan keberhasilan produk
baru hijau. Dan juga memeriksa tentang dampak keunggulan kompetitif produk hijau
sebagai mediator parsial dalam kaitan antara produk hijau / inovasi proses dan
keberhasilan produk hijau.
Desain / metodologi / pendekatan - Sebuah model dengan empat konstruksi disajikan
dan diuji pada sampel 122 pengrajin Batik di Yogyakarta menggunakan metode
kuantitatif.
Temuan - Ditemukan bahwa inovasi produk hijau dan proses berhubungan positif
dengan keunggulan kompetitif produk hijau dan keberhasilan produk hijau, dan
keunggulan kompetitif produk hijau memediasi secara parsial hubungan antara inovasi
produk / proses hijau dan keberhasilan produk hijau. Juga ditemukan bahwa inovasi
produk hijau memberikan pengaruh yang lebih kuat pada konstruksi konsekuensial
daripada inovasi proses hijau.
vii
Implikasi praktis - Inovasi produk hijau memiliki pengaruh positif yang lebih kuat
pada keunggulan kompetitif produk hijau dan keberhasilan produk hijau daripada
inovasi proses hijau. Inovasi hijau lebih dari sekadar dukungan branding. Terbukti jika
di era ini, banyak orang peduli terhadap lingkungan. Jadi, mereka akan memilih
produk hijau.
Orisinalitas / nilai - Artikel ini membahas kesenjangan dalam teori inovasi hijau
mengenai asosiasi di antara kunci konstruksi rantai sebab akibat inovasi hijau. Ini
adalah penelitian inovasi hijau pertama yang pernah dilakukan di Industri Batik di
Yogyakara. Kausalitas yang diidentifikasi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan
pengrajin Batik di Yogyakarta. Kemampuan inovatif dan kompetitif dan untuk
mendorong mereka agar tetap proaktif dalam mengatasi tantangan yang timbul dari
masalah lingkungan.
Collections
- Management [4533]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Investigasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Behavioral Intention Penggunaan Inovasi Hijau Dengan Attitude Sebagai Variabel Intervening
RAHARJITO RAKHMAD DIRGANTARA (Universitas Islam Indonesia, 2022-04-06) -
Pengaruh Partisipasi Pelanggan Terhadap Inovasi Produk Hijau pada UKM di Samarinda yang dimediasi Oleh Pengakuan dan Eksploitasi Peluang
PRANATA, REZA PAHLEVI (Universitas Islam Indonesia, 2023-03-16)Partisipasi pelanggan dapat membantu pengelolaan sumber daya eksternal perusahaan khususnya Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam mengembangkan produk khususnya dalam inovasi produk hijau. Keberhasilan inovasi produk hijau yang ... -
PENGARUH PERSEPSI NILAI HIJAU, PERSEPSI RESIKO HIJAU DAN KEPERCAYAAN HIJAU TERHADAP NIAT PEMBELIAN HIJAU PADA KONSUMEN MUDA THE BODY SHOP DI YOGYAKARTA
Pramesti, Nadhia Dheany (Universitas Islam Indonesia, 2023-04-04)Meningkatnya perubahan iklim dan pemanasan global membuat masyarakat semakin khawatir dengan keadaaan planet ini, hal ini membuat masyarakat juga semakin hati - hati dalam memilih produk dan cenderung untuk memlih ...