Pengaruh Partisipasi Pelanggan Terhadap Inovasi Produk Hijau pada UKM di Samarinda yang dimediasi Oleh Pengakuan dan Eksploitasi Peluang
Abstract
Partisipasi pelanggan dapat membantu pengelolaan sumber daya eksternal perusahaan khususnya Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam mengembangkan produk khususnya dalam inovasi produk hijau. Keberhasilan inovasi produk hijau yang melibatkan partisipasi pelanggan ini dipengaruhi dengan adanya fasilitas pengakuan dan eksploitasi peluang yang berada di pihak UKM. Penelitian ini berfokus pada inovasi produk hijau yang digunakan UKM di Samarinda. Penelitian dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada 100 UKM yang ada di Samarinda dengan pengukuran data menggunakan skala likert. Uji kualitas instrumen dilakukan dengan menggunakan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Metode analisis yang dilakukan adalah dengan Analisis Deskriptif, Analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan Goodness of Fit Index dan juga akan dilakukan Uji sobel untuk menguji kekuatan pengaruh secara tidak langsung antara variabel independen dengan variabel dependen yang diperantarai oleh variabel mediasi penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan hipotesis yang diajukan menunjukkan hasil diterima atau didukung oleh data. Hal ini menunjukkan bahwa partisipasi pelanggan memiliki peran penting yang mendukung upaya perusahaan dalam menghasilkan produk hijau yang ramah terhadap lingkungan. Peranan partisipasi pelanggan yang memberikan informasi pada UKM menjadikan pengakuan peluang dan eksploitasi peluang yang semakin baik dan berdampak pada inovasi pelaku usaha dalam menciptakan produk hijau.Partisipasi pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk hijau, pengakuan peluang, dan eksploitasi peluang. Pengakuan peluang memediasi pengaruh partisipasi pelanggan terhadap inovasi produk hijau. Eksploitasi peluang memediasi pengaruh partisipasi pelanggan terhadap inovasi produk hijau.
Collections
- Management [4552]