dc.description.abstract | Penelitian berjudul “Mencapai Puncak adalah Harapan tetapi Pendakian
Penuh Tantangan.” merupakan penelitian tentang manajemen karir yang dilakukan
baik oleh pihak manajerial Jurusan Manajemen maupun bagi tenaga pendidik FBE
UII. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: 1) proses perencanaan manajemen
karir & komitmen karir, 2) implementasi manajemen karir & komitmen karir, dan
monitoring serta evaluasi manajemen karir & komitmen karir. Metode penelitian
kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan metode pengumpulan data berupa
wawancara dan dokumentasi. Narasumber delapan orang. Uji keabsahan data, uji
transferability dan uji kredibilitas. Metode penguji data yakni triangulasi, analisis
dengan reduksi, lalu penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian pertama menunjukkan proses perencanaan manajemen
karir terdiri dari rapat senat fakultas, dewan dosen, rapat senat fakultas, rapat senat
universitas, kemudian dibawa ke Yayasan, proker disusun untuk satu tahun kedepan
dan disusun berdasarkan tahun anggaran dan juga program kerja. Temuan plenno
dosen untuk mengingatkan, mendorong, menyiapkan program untuk diseminasi
percepatan dosen (lecture career development). Tujuan perencanaan yaitu
dukungan studi lanjut S3 dan peningkatan kompetensi. Kedua implementasi
perencanaan Jurusan berfokus pada pengembangan kompetensi dosen peningkatan
akademik, pemenuhan jabatan fungsional juga struktural, suport fasilitas &
pendanaan. Proses manajemen karir Jurusan berfokus pada mendorong komitmen
dosen dalam melaksanakan catur dharma yakni penelitian yang terdiri dari
menghasilkan karya ilmiah, publikasi, menulis buku. Pelaksanaan pendidikan
pengajaran yang terdiri dari mengajar, membimbing, menguji. Pelaksanaan
pengabdian yang terdiri dari menjabat lembaga, memberikan pelatihan, pelayanan
masyarakat. Pelaksanaan dakwah islamiyah yang terdiri dari Rahmatan lil alamin,
Aspek Kebermanfaatan, Menerapkan nilai-nilai islam. Ketiga Monitoring &
evaluasi terdiri dari hambatan organisasi, Clash of interest, minim menjabat
struktural lalu hambatan komitmen dosen, passion berkarir bebeda-beda, beban
kerja tidak ideal, beban administratif, beban mengajar berlebih, rasio mahasiswa
lebih banyak. Serta evaluasi kerja yang terdiri dari penilaian atasan, penilaian
karakter, SKP (sasaran pekerja pegawai), PPKP (penilaian prestasi kinerja pegawai) | en_US |