ANALISIS PENGARUH ULASAN ONLINE PADA MINAT BELI ONLINE KONSUMEN SELAMA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN STIMULUS-ORGANISM-RESPONS (S-O-R) FRAMEWORK
Abstract
Berlangsungnya Pandemi Covid-19 kurang lebih 2 tahun lamanya telah merubah
perilaku masyarakat yang lebih mengandalkan segala aktivitas dengan media
online termasuk salah satunya adalah kebutuhan berbelanja masyarakat. Salah
satu hal yang menyebabkan perubahan perilaku ini adalah himbauan dari
pemerintah agar masyarakat untuk diam dirumah masing-masing dan mengurangi
adanya interaksi langsung dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk
melakukan uji terhadap pengaruh dari kualitas informasi online, kuantitas
informasi online, ketepatan waktu informasi online, kepuasan konsumen terhadap
minat beli online selama pandemic Covid-19. Populasi yang diambil dalam
penelitian ini adalah mahasiswa/i Indonesia yang sudah pernah menggunakan dan
melakukan belanja online. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu
metode purposive sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 230 responden.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini
adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Metode analisis data dalam
penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis faktor yang diolah dengan
menggunakan software SPSS dan analisis SEM yang diolah dengan menggunakan
software SmartPLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas
informasi online dan kuantitas informasi online memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Sedangkan untuk ketepatan
9
waktu informasi online tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen.
Tidak hanya itu, kualitas informasi online, kuantitas informasi online, ketepatan
waktu informasi online memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
minat beli online. Sedangkan untuk kepuasan konsumen tidak memiliki pengaruh
terhadap minat beli online.
Collections
- Management [4548]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PEMBELIAN ONLINE DAN PASCA-ONLINE MAHASISWA DI YOGYAKARTA PADA APLIKASI BELANJA ONLINE SHOPEE
Wan Farahghina Afritami, 15311100 (Universitas Islam Indonesia, 2019-06-27)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Online dan Pelajar Post-Online di Yogyakarta dalam Aplikasi Shopee Online Shopping. Data yang digunakan dalam penelitian ini ... -
Manajemen Redaksional Berita Online Pers Mahasiswa ( Studi Komparasi Manajemen Redaksional pada Media Online Website Lembaga Pers Mahasiswa Balairung Ugm, Ekspresi Uny, dan Himmah Uii )
REZA DWI IKHSAN (Universitas Islam Indonesia, 2017-01-02)Pers di Indonesia secara institusional terbagi menjadi dua yakni pers umum dan pers alternatif. Pers umum sendiri merupakan aktivitas pers yang dilakukan oleh industri pers secara profesional sedangkan pers alternatif ... -
Pengaruh Dalam Faktor Sistem Pembayaran Online Terhadap Minat Belanja Online danTingkat Kepuasan Pelanggan dalam Transaksi E-Commerce
Aisya Endar Winingsih, 09312526 (Universitas Islam Indonesia, 2017-06-05)This research aims to determine analyze variation payment method, payment security system and easiness of payment system effect on intense to use, intense to use effect on actual use and the actual use effect on customer ...