Coolness Perception On Samsung Smartphone And How It Create Brand Love (Case Study From Millennial Generation)
Abstract
Kemajuan teknologi masakini telah mengubah banyak perspektif penggunanya
dalam memilih suatu produk, termasuk mempertimbangkan faktor keren.
Keinovatifan teknologi membuat persaingan manufaktur menjadi lebih kompetitif
dengan menampilkan fitur terbaru serta memberikan prestige kepada konsumennya.
Tidak hanya harus menarik, namun faktor keren sekarang menjadi salah satu alasan
konsumen dalam memilih sebuah smartphone. Oleh karena itu, penelitian ini akan
menganalisa bagaimana perspektif keren pada suat produk dapat menciptakan
perasaan cinta pada brand tersebut. Dalam kondisi ini, maka perspektif keren pada
suatu teknologi dipandang sebagai unsur penting dan perlu diinvestigasi lebih
lanjut. Penelitian ini menggunakan 6 dimensi kecintaan merek pada fitur teknologi
yakni; daya ketertarikan (attractiveness), perbedaan (rebelliousness), keinginan
(desirability), kegunaan (usability), inovasi teknologi (innovative of technology),
keandalan (reliability), keren (coolness) dan dua variable lainnya yaitu perasaan
keren (perceived coolness) dan kecintaan merek (brand love). Selanjutnya, total 236
data valid dari responden seluruh usia dikumpulkan untuk penelitian ini. Hasilnya
menunjukkan bahwa empat dari enam dimensi kecintaan merek pada fitur teknologi
berdampak positif terhadap timbulnya perasaan keren pada suatu produk, dan
persepsi keren pada suatu produk berdampak positif pada kecintaan merek.
Collections
- Management [4548]