The Effect Of Kopi Kenangan Online Menus On Consumers’ Purchase Intention During The Covid-19 Pandemic
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong niat
masyarakat untuk membeli produk Kopi Kenangan melalui platform pemesanan makanan secara online. Studi ini membangun penyelidikan empiris tentang niat beli konsumen selama pandemi dalam kaitannya dengan menu makanan online di bawah kerangka S-O-R yang diperluas, terutama dengan Kopi Kenangan sebagai objeknya. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria konsumen Kopi Kenangan di Indonesia yang sudah mengenal platform pemesanan makanan online dan pernah mengalami pembelian Kopi Kenangan secara online. Penelitian ini
berhasil mendapatkan 250 sampel yang selanjutnya dianalisis dengan metode PLS-SEM. Secara keseluruhan, temuan menyatakan bahwa daya tarik visual menu dan
keinformatifan menu berpengaruh positif terhadap keinginan untuk makan.
Persepsi risiko COVID-19 secara positif memengaruhi persepsi kenyamanan
memesan makanan secara online juga. Sedangkan keinginan akan makanan dan
kenyamanan yang dirasakan juga berpengaruh positif terhadap niat beli. Temuan
ini diharapkan dapat memberikan implikasi dan studi empiris terkait niat beli
konsumen pada restoran melalui platform pemesanan makanan online di Indonesia.
Collections
- Management [4666]