Analisis Faktor Faktor Yang Memengaruhi Konsumen M-Banking Bca Untuk Terus Menggunakan Layanan M-Banking Bca
Abstract
Transaksi mobile adalah sistem masa depan sebagai langkah mempermudah layanan
transaksi finansial perbankan. Saat ini kegiatan perbankan didominasi oleh layanan
digital m-banking. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor faktor
penentu niat untuk terus menggunakan layanan m-banking di kota Klaten. Penelitian
ini mengadaptasi model UTAUT dengan variabel kontak, komunikasi, persepsi
hiburan, persepsi gamifikasi, persepsi nilai, niat untuk menggunakan kembali
Pengujian model dan hipotesis dilakukan dengan menggunakan sampel 84 responden
dengan populasinya pernah menggunakan aplikasi perbankan m-banking. Adapula
teknik pengambilan sampel dengan metode non- probability sampling. Structural
Equation Modelling (SEM) dan dilakukan analisis menggunakan Partial Least Square
(PLS) dengan software SmartPLS v 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
variabel kontak, komunikasi, dan persepsi gamifikasi memiliki efek positif dan
signifikan terhadap persepsi nilai m-banking. Persepsi nilai memiliki efek positif dan
signifikan terhadap niat untuk menggunakan kembali m-banking serta persepsi hiburan
memiliki efek positif namun tidak signifikan terhadap persepsi nilai m-banking.
Collections
- Management [4560]