Pengaruh Program Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif Dan Shopping Enjoyment Pada Mahasiswa Pengguna Shopee Di Yogyakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Impulse Buying dan
Shopping Enjoyment pada mahasiswa pengguna Shopee di Yogyakarta. Sampel responden dalam
penelitian ini dipilih menggunakan purposive sampling. Jumlah responden yang valid adalah 240.
Data dianalisis menggunakan metode PLS-SEM. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah perceived perishability, perceived scarcity, hedonic shopping motive, attitude toward flash
sale, impulse buying, dan shopping enjoyment. Adapun hasil dari penelitian ini ialah Perceived
Perishability tidak berpengaruh terhadap attitude pada flash sale mahasiswa pengguna Shopee di
Yogyakarta, Perceived Perishability memiliki pengaruh yang positif terhadap attitude pada flash
sale mahasiswa pengguna Shopee di Yogyakarta, Hedonic Shopping Motivation memiliki
pengaruh yang positif terhadap attitude pada flash sale mahasiswa pengguna Shopee di
Yogyakarta, Attitude pada flash sale berpengaruh positif terhadap perilaku impulse buying
mahasiswa pengguna Shopee di Yogyakarta, Attitude pada flash sale berpengaruh positif terhadap
perilaku shopping enjoyment mahasiswa pengguna Shopee di Yogyakarta. Hasil dari penelitian
skripsi ini dapat dijadikan masukkan dan bahan pertimbangan pihak e-commerce untuk dapat
meningkatkan mempertahankan batasan produk yang dijual saat flash sale, dan mengkaji kembali
durasi efektif yang harus dipakai saat flash sale.
Collections
- Management [4703]