Peran Bappeda Dalam Mendukung City Branding Magelang Kota Sejuta Bunga (Mksb)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) brand image yang dibangun
oleh kota Magelang, (2) strategi branding yang dilakukan oleh
Bappeda,(3) permasalahan dan arah pengembangan MKSB di kota
Magelang. Penelitian ini mengunakan data kualitatif dan sumber data yang
digunakan adalah sekunder .Metode pengumpulan data yang digunakan
berupa observasi,,dan studi kepustakaan . Hasil penelitian menunjukkan
bahwa (1) Magelang dikenal dengan julukan Kota Sejuta Bunga. Kota
Magelang itu sendiri, yang dulunya dikenal sebagai “Tuin van Java” atau
Tamannya Pulau jawa alias taman indah berapit gunung dan bukit. Dari
situlah tim perumus branding memutuskan untuk memakai diksi “Mageang
Kota Sejuta Bunga” agar julukan Magelang yang pernah ada pada jaman
kolonial, bisa tetap eksis dan mempertahankan apa potensi yang Magelang
punya.(2) Pemerintah Kota Magelang membuat perencanaan city branding
berdasarkan visi dan misi Walikota Magelang. Kemudian diusunglah
sebuah tim oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) (3)
Aspek Ekonomi Konsep MKSB belum memberikan dampak positif pada
peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Magelang,Kurangnya anggaran
yang mencukupi untuk mendukung branding MKSB , Aspek fisik Indikasi
program pada jalur ,Redesain gerbang kota magelang , Aspek Ekonomi
Program penciptaan iklim usaha kecil menegah.
Collections
- Management [4574]