Celebrity’s Fame Overshadows Product Risks: Factors Influencing Intention To Purchase Halal Cosmetics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami faktorr-faktor yang memengaruhi niat beli,
khususnya pada konteks kosmetika halal di Indonesia. Sampel pada penelitian ini
dikumpulkan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria orang
Muslim dan follow influencer di media sosial. Penelitian ini berhasil memeroleh 128 sampel
yang dianalisis lebih lanjut menggunakan metode PLS-SEM. Variable yang diteliti dalam
penelitian ini terdiri dari persepsi keahlian sebagai variable eksogen, persepsi risiko dan sikap
terhadap kosmetika halal sebagai variable eksogen dan endogen, serta niat beli sebagai
variable endogen. Secara garis besar, hasil penelitian ini menyatakan bahwa persepsi
keahlian berpengaruh positif pada sikap dan niat beli, sedangkan sikap memengaruhi niat
beli secara positif. Sikap juga berpengaruh postif terhadap niat beli. Sebaliknya, persepsi
keahlian berpengaruh negatif pada persepsi risiko. Namun, bertentangan dengan mayoritas
penelitian sebelumnya, persepsi risiko tidak memengaruhi sikap dan niat beli.
Collections
- Management [4527]