Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belanja Online Berbasis Smartphone: Sebuah Studi Empiris Dari Pembelanja Wanita Muda Di Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana motivasi wanita pekerja
melakukan niat berbelanja online menggunakan smartphone. Sampel dalam responden ini
dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria responden merupakan seorang
perempuan pekerja yang memiliki gaji tetap yang sudah pernah atau yang akan melakukan
pembelian online melalui smartphone dengan rentan umur Responden berusia 20 tahun hingga
lebih dari 40 tahun. Jumlah responden valid yang didapatkan adalah 250 responden.
Seluruh data dianalisis menggunakan metode PLS-SEM. Variabel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah efikasi diri internet, estetika yang Dirasakan, manfaat yang Dirasakan,
resiko yang Dirasakan, dan niat membeli. Adapun hasil dalam penelitian ini menunjukkan
bahwa efikasi diri internet berpengaruh negatif terhadap niat membeli pada belanja online
melalui smartphone, efikasi diri internet berpengaruh positif terhadap manfaat yang dirasakan
pada belanja online melalui, estetika yang dirasakan berpengaruh positif terhadap niat
membeli pada belanja online melalui smartphone, estetika yang dirasakan berpengaruh positif
terhadap manfaat yang dirasakan pada belanja online melalui smartphone, manfaat yang
dirasakan berpengaruh positif terhadap niat membeli pada belanja online melalui smartphone,
dan resiko yang dirasakan berpengaruh negatif terhadap niat membeli pada belanja online
melalui smartphone. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu pihak-pihak belanja
online yang ada di Indonesia untuk meningkatkan niat pembeli dalam berbelanja online.
Collections
- Management [4527]