Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. rer. soc. Masduki, S.Ag., M.Si., M.A.
dc.contributor.authorDANDI
dc.date.accessioned2022-11-11T01:47:17Z
dc.date.available2022-11-11T01:47:17Z
dc.date.issued2022-04-19
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40350
dc.description.abstractMedia penyiaran televisi sebagai perwakilan dari media massa konvensional layaknya cetak dan radio kini tengah berhadapan dengan munculnya media baru, yang telah mengubah budaya masyarakat terutama dalam memperoleh informasi. Agar bertahan, televisi perlu melakukan perubahan dengan menerapkan konvergensi media, sebuah tantangan bagi manajemen media penyiaran televisi. Berdasarkan kerangka berpikir tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen pengelolaan konten media penyiaran, serta apa saja kendala yang dihadapi manajemen media penyiaran di era konvergensi media. Guna menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumen, hingga audiovisual. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pengelolaan konten di tvMu meliputi empat fungsi. Pertama, perencanaan Kedua, Pengorganisasian meliputi pembagian departemen dan pembagian kerja. Ketiga, Pengarahan dan memberikan pengaruh yang terdiri dari empat kegiatan utama yaitu motivasi, komunikasi, kepemimpinan dan pelatihan. Keempat, pengawasan dengan menetapkan standar yang dapat diukur seperti target jumlah pengikut, termasuk efisiensi dan efektivitas. Penelitian ini juga menunjukkan beberapa hal penting, antara lain yaitu perkembangan teknologi tidak lagi menjadi tantangan, tetapi telah menjadi peluang dalam menambah pemasukan bagi manajemen tvMu. Hal itu dilakukan dengan langkah digital present melalui layanan over the top. Dalam menyebarkan konten siaran, tvMu menerapkan konsep multimedia, multichannel, dan multiplatform. Kendala yang dihadapi oleh manajemen tvMu di era konvergensi media meliput tiga hal utama. Pertama regulasi yang belum tersedia baik dari internal maupun eksternal tvMu. Kedua, sumber daya manusia yang terbatas baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitas. Ketiga peralatan yang belum memadai.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectManajemenen_US
dc.subjectKonten Media Penyiaranen_US
dc.subjectKonvergensi Mediaen_US
dc.subjectOver The Topen_US
dc.subjectMultimediaen_US
dc.subjectMedia Baruen_US
dc.titleManajemen Pengelolaan Konten Media Penyiaran Di Era Konvergensi Media (Studi Kasus Pada Tvmu)en_US
dc.Identifier.NIM16321168


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record