PEMBINGKAIAN BERITA MEDIA ONLINE (Analisis Framing Pemberitaan Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi atas Kritik Media Massa di Media online Sindonews.com dan vivanews.co.id Edisi Agustus 2015)
Abstract
Di era saat ini dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat menjadikan salah satu teknologi komunikasi menjadi lebih maju dalam penyajiannya, Salah satunya media online dengan kecepatan dalam memberitakan menjadikan mendia online sebagai media yang begitu banyak di harapkan bisa memberikan informasi pemberitaan dengan cepat dan mudah diakses oleh siapa saja, dibandingkan dengan media konfesional seperti televisi dan surat kabar. Pemberitaan yang ada di media online tak ubahnya seperti media pada umumnya, yaitu adanya kepentingan dan kekuatan ideologi dari setiap media yang ada. Dengan adanya upaya penelitian ini akan melihat bagaimana framing yang dilakukan media online dalam melihat sebuah peristiwa yang akan diberitakan. Serta melihat bagaimana pengaruh kepemilikan dan upaya media online untuk menjaga posisi netral dan objektifitas dalam pemberitaanya.
Penelitian ini menganalisis 14 unit berita dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode analisis framing model Zhong Pan dan Geral M. Kosichi serta menggunakan paradigma konstruksionis.
Dalam proses penelitian menunjukan bahwa framing dari kedua media sangat berbeda. Seperti Sindonews.com melakukan framing terhadap pemberitaan Jokowi kritik media terkesan kurang objektif dan cenderung menggunakan narasumber yang kontra dengan Jokowi yang dimana hal ini bagian dari kepentingan pemilik media, berbeda dengan Sindo, Viva dalam framingnya cenderung berupaya menjaga objektifitas pada pemberitaanya demi menghasilkan informasi yang sesuai dengan realitas sosial.
Collections
- Psychology [2170]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENERAPAN INOVASI BISNIS MODEL PADA MEDIA DIGITAL BERDASARKAN PENDEKATAN BISNIS MODEL KANVAS ( STUDI KASUS PADA IDN MEDIA)
ERIC HASMA, 15911117 (Universitas Islam Indonesia, 2018-02-01)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah konsep bisnis model kanvas diterapkan di IDN Media dan blok-blok apa saja yang dipergunakan, mengidentifikasi pola bisnis model, menganalisa inovasi bisnis model ... -
Media Relations Rumah Sakit ‘’Analisis Media Relations Rumah Sakit di Yogyakarta Menggunakan Sudut Pandang Wartawan’’
Rachmalia Devinda Hardika, 14321089 (Universitas Islam Indonesia, 2018-06-07)Penelitian ini berfokus pada aktivitas media relations yang dilakukan oleh Humas di tiga rumah sakit yang berbeda. Yaitu Rumah Sakit Bethesda, Rumah Sakit Sardjito dan Rumah Sakit Panti Rapih yang dinilai dari sudut ... -
EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA POWER POINT DAN MEDIA POSTER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS 8 SMP MUHAMMADIYAH 1 MLATI
Lucky Eko Prasetyo Wicaksono, 14422087 (Universitas Islam Indonesia, 2018-12-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh efektivitas penggunaan media power point dan poster untuk meningkatkan prestasi belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Mlati dan untuk mengetahui ...