Pengaruh Media Sosial Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Varian Produk Merek Apple Lini Terbaru (Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi)
Abstract
Era teknologi moderen mengharuskan perusahaan untuk terus menghasilkan
produk yang memiliki ciri khas dan dapat memenuhi kebutuhan pasar. Apple Inc.
merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan teknologi yang memiliki
beragam produk di pasaran. Perusahaan teknologi multinasional besutan Steve Jobs
dan teman-temannya berhasil melakukan revolusi pada perangkat elektronik dan
perangkat lunak sehingga dapat dikatakan merajai industri consumer electronics.
Keberadaan internet dan media sosial berperan penting dalam penyebaran informasi
tentang produk. Memudahkan konsumen untuk mengakses informasi yang mereka
butuhkan kapanpun dan dimanapun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh media sosial dan harga terhadap keputusan pembelian varian produk
merek Apple lini terbaru. Pengujian hipotesis dan model penelitian menggunakan
200 sampel responden dengan populasi konsumen generasi Y dan generasi Z
bertempat tinggal di Indonesia, merupakan pengguna media sosial dan mengetahui
produk Apple. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang
diperoleh dari survei kuesioner. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel
merupakan convenience sampling. Metode Structural Equation Modelling (SEM)
digunakan untuk menguji model dan hipotesis dengan bantuan program AMOS
22.0.
Hasil analisis menggunakan SEM AMOS diperoleh hasil variabel media
sosial dan harga berpengaruh positif signifikan terhadap variabel citra merek. Lalu
variabel harga berpengaruh positif signifikan terhadap variabel keputusan
pembelian. Selanjutnya, variabel media sosial dan citra diperoleh hasil yang tidak
signifikan dalam mempengaruhi variabel keputusan pembelian.
Collections
- Management [4666]