Analisis Niat Beli Dan Perilaku Konsumen Terhadap Produk Perawatan Kulit Ramah Lingkungan
Abstract
Kerusakan lingkungan di Indonesia semakin hari semakin parah hal tersebut dapat mengancam
kehidupan manusia dan dapat meningkatkan resiko bencana alam. Ditambah masih banyak
masyarakat yang belum menyadari bahwa produk yang mereka gunakan ini dapat berdampak
buruk bagi kulit dan lingkungan sekitar. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh
kepedulian lingkungan, sikap, norma subjektif, kontrol perilaku yang diraskan, dan
ketersediaan produk pada niat beli dan pembelian produk perawatan kulit ramah lingkungan.
Metodologi mencakup pendekatan yang digunakan kuantitatif, teknik sampling, terdapat 302
responden dengan teknik convenience sampling. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa
kepedulian lingkungan, sikap, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, dan
ketersediaan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli produk perawatan
kulit ramah lingkungan. Selanjutnya niat beli produk perwarawatan kulit ramah lingkungan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian produk perawatan kulit ramah
lingkungan. Keterbatasan dari penelitian ini yaitu ketiadaan perwakilan secara sepesifik pada
daerah tertentu apakah faktor demografi dan geografi turut berperan dalampembelian produk.
Bagi pelaku bisnis yang hendak menciptakan produk perawatan kulit disarankan untuk
melakukan inovasi yaitu menciptakan produk perawatan kulit yang ramah lingkungan dan juga
meakukan pemasaran serta mengedukasi konsumen dan meningkatkan ketersediaan produk.
Untuk penelitian berikutnya sebaiknya spesifik mengangkat fenomena niat beli terhadap
pembelian produk yang terfokus pada salah satu brand produk.
Collections
- Management [4660]