Analisis Pengaruh Loyalitas Merek dan Preferensi Merek Terhadap Niat Pembelian Ulang Smartphone pada Generasi Z
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti niat pembelian ulang mahasiswa
pada merek smartphone. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah
mahasiswa Indonesia yang menggunakan smartphone dan pernah membeli kembali
smartphone mereka. Penelitian menggunakan data primer dan menggunakan teknik
purposive sampling dalam pengambilan sampel. Jumlah sampel yang terkumpul
sebanyak 156 responden mahasiswa. Uji analisis dilakukan dengan menggunakan
metode SEM dan olah data menggunakan software Smart PLS. Hasil dari analisis
data berhasil menunjukkan kelima hipotesis yang signifikan. (1) Keterlibatan
Merek Dalam Konsep Diri berpengaruh positif terhadap Loyalitas Merek, (2)
Kesadaran Nilai berpengaruh positif terhadap Loyalitas Merek, (3) Loyalitas Merek
berpengaruh positif Niat Pembelian Ulang, (4) Kesesuaian Diri berpengaruh positif
terhadap Preferensi Merek, (5) Preferensi Merek berpengaruh positif Niat
Pembelian Ulang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu pemasar dalam
mengembangkan aspek apa saja yang dapat menumbuhkan niat pembelian ulang
merek-merek smartphone di Indonesia pada kalangan mahasiswa atau generasi Z.
Collections
- Management [4548]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Pengaruh Keakraban Merek, Merek Kesukaan, Merek Kepercayaan dan Negara Asal Merek Terhadap Minat Beli Pelanggan Sepatu Merek Nike (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UII)
Indriani, Riza Amalia (UII Yogyakarta, 2015-08-20)Di era global ini semakin tinggi tingkat persaingan bisnis. Hal ini memaksa perusahaan untuk bisa lebih mengembangkan dan memasarkan produk mereka agar mampu mempertahankan produknya serta memenangkan persaingan. Diikuti ... -
PENGARUH ASOSIASI MEREK, LOYALITAS MEREK, KESADARAN MEREK, DAN CITRA MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK PADA PRIVATE LABEL FASHION DARING
Yudistira Dimas Adiputra, 14311216 (Universitas Islam Indonesia, 2018-08-10)Ekuitas merek merupakan aspek penting yang ada dalam pemasaran. Terdapat beberapa indikator yang dapat berpengaruh terhada ekuitas merek yaitu asosiasi merek, loyalitas merek, kesadaran merek, dan citra merek. Tujuan dari ... -
Pengaruh Asosiasi Merek, Kesetiaan Merek, Kesadaran Merek, Dan Citra Merek Terhadap Ekuitas Merek Mie Instan Indomie Pada Mahasiswa Strata 1 Yang Merantau Di Yogyakarta
DENI SAPUTRA (Universitas Islam Indonesia, 2021-04-21)Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dimensi Ekuitas Merek yang mempengaruhi Ekuitas Merek mie instan Indomie pada mahasiswa strata 1 yang merantau di Yogyakarta. Signal detection theory dapat mendeteksi ...