Pengaruh Media Sosial Influencer Dalam Membentuk Kredibilitas Dan Sikap Konsumen Untuk Memengaruhi Niat Pembelian Konsumen Erigo. Studi Pada Arief Muhammad Sebagai Brand Ambassador Erigo
Abstract
Perkembangan teknologi memaksa pemasar untuk melakukan inovasi terhadap kegiatan
pemasaran agar dapat terus bertahan dalam persaingan. Salah satu kegiatan atau strategi
pemasaran muncul akibat perkembangan teknologi adalah social media influencer marketing.
Social media influencer marketing adalah strategi pemasaran yang di mana suatu merek atau
perusahaan bekerja sama dengan influencer guna meningkatkan kesadaran merek terhadap
konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut influencer yakni
kredibilitas dan sikap konsumen yang kemudian mampu menimbulkan sikap positif pada niat
pembelian konsumen dalam konteks social media influencer marketing. Populasi dari penetian
ini adalah warga negara Indonesia yang menggunakan media sosial dan mengetahui merek
Erigo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data secara
primer. Sebanyak 242 responden valid dapat terkumpul menggunakan kuesioner yang
didistribusikan secara daring. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah
metode analisis deskriptif yang kemudian analisis hipotesis diolah menggunakan software
SmartPLS 3.0. Penelitian ini menunjukkan hasil di mana kepercayaan dan keahlian
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kredibilitas influencer, variabel daya tarik
influencer berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap sikap konsumen. Selanjutnya
sikap konsumen dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian
konsumen. Lebih lanjut, kredibilitas, keahlian, dan daya tarik influencer berpengaruh positif
namun tidak signifikan terhadap niat pembelian konsumen.
Collections
- Management [4581]