Analisis E-Servicescape Serta Pengaruhnya Terhadap Persepsi Nilai Dan Loyalitas Pada Situs Belanja Online E-Commerce Di Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh dimensi eservicescape
terhadap persepsi nilai dan loyalitas pada situs e-commerce di
Indonesia. Penelitian ini menggunakan menggunakan teknik non probability
sampling dengan sampel sebanyak 195 responden yang penah berbelanja di
eommere lebih dari 3x. Teknik pengembilan sampel menggunakan
nonprobabilitas sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan
kuesioner seara elektronik. Variabel penelitian adalah daya tarik estetika, tata
letak & fungsionalitas sebagai variabel independen, persepsi nilai sebagai
mediator serta loyalitas sikap dan perilaku sebagai variabel dependen. Penelitian
menggunakan AMOS v.24.0 untuk menganalisis data. Hasil dari penelitian
menunjukkan bahwa e-servicescape memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap persepsi nilai, dan loyalitas, hanya loyalitas sikap terhadap perilaku
memiliki pengaruh negatif tidak signifikan. Implikasi dari penelitian ini adalah
untuk menambah litelatur dan wawasan bagi pelaku ecommerce di Indonesia
untuk meningkatkan kualitas toko online dan keamanan agar konsumen loyal
secara sikap maupun perilaku dalam berbelaja di ecommerce.
Collections
- Management [4534]