Peran Teknologi Dalam Adopsi Media Sosial Dan Dampaknya Bagi Kinerja Umk Di Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konstruk teknologi
berupa manfaat relatif, efektivitas biaya, kompatibilitas, interaktivitas, dan
visibilitas terhadap adopsi media sosial, serta dampaknya terhadap kinerja UMK
(Usaha Mikro dan Kecil). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Alat analisis
yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling) dengan menggunakan
aplikasi SmartPLS 3.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adopsi media sosial terbukti
berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMK. Interaktivitas dan kompatibilitas
berpengaruh signifikan terhadap adopsi media sosial. Visibilitas, manfaat relatif,
dan efektivitas biaya tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap adopsi media
sosial.
Collections
- Management [4548]