Peran Manajemen Dan Lingkungan Dalam Adopsi Media Sosial Dan Dampaknya Bagi Kinerja UMK Di Yogyakarta
Abstract
Usaha Mikro dan Kecil (UMK) telah menjadi sektor ekonomi negara dan kota
Yogyakarta salah satu tempat yang memiliki pertumbuhan baik dari sektor ini.
Adopsi media sosial menjadi strategi untuk meningkatkan kinerja UMK. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konstruk organisasi dari dimenasi
dukungan manajemen puncak (DMP) dan orientasi kewirausahaan (OK), untuk
konstruk lingkungan dari dimensi intensitas persaingan (IP), tekanan persaingan
(TP), efek bandwagon (EB) memiliki pengaruh terhadap adopsi media sosial
(AMS) sebagai prediktor terhadap kinerja UMK (K). Menggunakan metode
kuantitatif dengan jumlah sampel 100 responden serta menggunakan analisis
deskriptif dan inferensial (evaluasi model pengukuran dan evaluasi model
struktural) dengan aplikasi SmartPLS 3.0. Diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh
positif dan signifikan orientasi kewirausahaan dan efek bandwagon serta adopsi
media sosial sebagai prediktor terhadap kinerja UMK. Untuk Intensitas persaingan
tidak memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan akan tetapi dukungan
manajemen puncak dan tekanan persaingan memiliki pengaruh positif tetapi tidak
signifikan.
Collections
- Management [4581]