Pengaruh Review Beauty Influencer Lifni Sanders Terhadap Niat Membeli Produk “Somethinc” Pada Media Sosial Youtube
Abstract
Saat ini influencer memiliki peran yang sangat penting dalam bidang pemasaran,
khususnya di media sosial. Salah satu cara influencer dalam memasarkan
produknya adalah dengan memperkenalkan suatu produk dari brand tertentu
kepada audiens mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh review
beauty influencer Lifni Sanders terhadap minat membeli produk Somethinc di
media sosial YouTube, khususnya pada penggemar atau audiens influencer terkait.
Lebih tepatnya, penelitian ini menyelidiki bagaimana parasocial interaction (PSI)
yang diciptakan oleh audiens dengan beauty influencer Lifni Sanders secara online,
bersama dengan kredibilitas influencer yang mereka rasakan, bagaimana hal
tersebut dapat memengaruhi niat pembelian audiens terhadap produk brand
Somethinc yang juga dimediasi oleh physical attractiveness, social attractiveness,
dan attitude homophily. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan
media user YouTube yang aktif menggunakan akunnya untuk menonton konten
video tentang kecantikan. Sedangkan sampel dalam penelitian ini merupakan
pengguna aktif media sosial YouTube yang sering menonton konten video Lifni
Sanders dan mengetahui brand Somethinc, terutama sebagian dari subscribers Lifni
Sanders (channel: Livjunkie) yang pernah menonton konten yang diunggah oleh
Lifni. Penelitian ini menggunakan alat analisis data SEM dengan perangkat AMOS
versi 22.0 dan jumlah sampel sebanyak 160 responden. Teknik pengambilan sampel
menggunakan metode Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 7
hipotesis yang diteliti dinyatakan berhasil dan signifikan. Artinya dengan adanya
konten influencer yang baik, akan meningkatkan engagement influencer tersebut
sehingga berpengaruh pada meningkatnya minat membeli dan kepercayaan
terhadap produk brand yang bekerja sama dengan influencer terkait. Sama halnya
dengan Manajemen brand yang dapat mengetahui indikasi influencer yang baik
untuk diajak kerja sama sehingga keduabelah pihak mendapatkan keuntungan.
Collections
- Management [4703]