Pengaruh Intensitas Kunjungan Di Perpustakaan, Motivasi Belajar Dan Kreatifitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih Di Man Wates 1
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas kunjungan di perpustakaan terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih di MAN Wates 1 Kulon Progo, mengetahui pengaruh Motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih di MAN Wates 1 Kulon Progo, mengetahui pengaruh kreativitas belajar Siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih di MAN Wates 1 Kulon Progo dan mengetahui pengaruh intensitas kunjungan di perpustakaan, motivasi belajar dan kreatifitas belajar dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Fiqih di MAN Wates 1 Kulon Progo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat positivistik. Adapun metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Populasi adalah siswa MAN Wates 1 Kulon Progo kelas X, XI dan XII yang berjumlah 458 siswa dan sebagai sampel penelitian diambil sejumlah 92 siswa. Teknik pengambilan sampel sejumlah 92 orang tersebut didasarkan pada teknik stratified proportional random sampling, dimana teknik pengambilan sampel dari populasi yang mempunyai anggota tidak homogen dan berstrata secara proporsional.
Berdasarkan deskripsi data hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa Intensitas kunjungan siswa di perpustakaan menunjukkan minat siswa terhadap perpustakaan baik. Variabel ini mempunyai pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar Fiqih siswa MAN Wates 1, Motivasi belajar siswa (X2) secara parsial berpengaruh terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Fiqih di MAN Wates 1 Kulon Progo Yogyakarta. Kreatifitas belajar siswa (X3) secara parsial tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Fiqih di MAN Wates 1 Kulon Progo Yogyakarta. Intensitas kunjungan di perpustakaan ( X1), Motivasi belajar siswa (X2), dan Kreatifitas belajar siswa (X3) secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Fiqih di MAN Wates 1 Kulon Progo Yogyakarta.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
PENGARUH PERILAKU BELAJAR, FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MASA PADEMI COVID-19 (Studi pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Program Sarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia)
Ramadani, An nisa Dewi (Universitas Islam Indonesia, 2023-03-30)Penelitian ini memaparkan bagaimana pengaruh perilaku belajar, fasilitas belajar dan motivasi terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada masa pandemi COVID-19. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah ... -
Pengaruh Penggunaan Media Belajar Audio Visual dan Proses Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs YAPI Pakem
Rizky, Muhammad Regowo (Universitas Islam Indonesia, 2023)Media pembelajaran merupakan elemen dan transmisi penting dalam pelaksanaan proses pendidikan. Dalam era serba digital dan memasuki era distrupsi, media belajar bukan hanya berperan sebagai alat teteapi juga proses untuk ... -
Pengaruh Pembelajaran Daring, Minat Belajar, dan Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Agama Islam Program Magister Fiai Uii Periode 2021-2023
Fahmi, Muchamad Amirul (Universitas Islam Indonesia, 2023)Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan sistem elektronik atau komputer sehingga mampu mendukung proses pembelajaran. Konsep ini sejalan dengan SK Menteri Pendidikan Nasional ...