Pengaruh Kualitas Informasi, Keterlibatan, Dan Ekuitas Pelanggan Terhadap Ketertarikan Konsumen Untuk Melakukan Pembelian Kembali Melalui Aplikasi Belanja Seluler
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami seberapa besar hubungan antara
kualitas informasi, keterlibatan pelanggan, ekuitas pelanggan. Penyusunan model
dari penelitian ini diberlakukan dalam rangka untuk menguji a) pengaruh kualitas
informasi pada niat pelanggan untuk melakukan pembelian kembali, b) pengaruh
keterlibatan pelanggan pada keputusan untuk pembelian kembali, c) pengaruh
ekuitas nilai terhadap niat untuk pembelian kembali, d) pengaruh ekuitas merek
terhadap niat untuk pembelian kembali, dan e) pengaruh ekuitas hubungan terhadap
niat untuk pembelian kembali. Tercatat ada sekitar 250 data telah dikumpulkan dari
berbagai kalangan responden dan keberagaman usia mulai dari 20-50 tahun keatas
yang berada di seluruh Indonesia. Lalu data penelitian ini kemudian dianalisis
menggunakan Statistical Package for Social Science (SPSS) dengan hasil sebagai
berikut : pertama, kualitas informasi memiliki pengaruh signifikan terhadap niat
pelanggan untuk membeli kembali di masa yang akan datang. Kedua, keterlibatan
pelanggan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap niat pelanggan untuk
membeli kembali. Ketiga, ekuitas nilai secara signifikan sangat berpengaruh pada
niat pelanggan untuk membeli kembali. Keempat, ekuitas merek yang melibatkan
kesadaran, persepsi, asosiasi merek, dan loyalitas berpengaruh signifikan terhadap
niat untuk membeli kembali. Terakhir, ekuitas hubungan tidak berpengaruh
signifikan terhadap niat pelanggan untuk membeli kembali. Berdasarkan temuan
pada penelitian ini tentunya dapat memberikan kesempatan kepada perusahaan
penyedia layanan ini untuk terus berbenah guna mendorong pelanggannya agar dapat
terus terlibat dalam segala hal termasuk perilaku pencarian masalah, pencarian
informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian
yang juga menyangkut hubungan antara keduanya untuk pembelian kembali di masa
yang akan datang karena perilaku ini tentu dapat memengaruhi proses permintaan
dan penawaran.
Collections
- Management [4703]