Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Pariwisata Lombok terhadap Minat Berkunjung Mahasiswa UII Yogyakarta
Abstract
Skripsi ini berjudul “Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Minat Berkunjung ke
Lombok bagi Mahasiswa UII Yogyakarta”. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa UII
Yogyakarta.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel
ekuitas merek terhadap minat berkunjung. Dan untuk mengetahui variabel yang paling
dominan dalam mempengaruhi minat berkunjung Mahasiswa UII. Sumber Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dari kuesioner yang dibagikan kepada
responden. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu
sampling dimana pengambilan elemen-elemen yang dimasukkan dalam sampel dilakukan
dengan sengaja, dengan catatan bahwa sampel tersebut mewakili populasi. Sampel yang
digunakan sebanyak 100 responden dari 10 Prodi /Jurusan.Variabel penelitian adalah
variabel ekuitas merek yang meliputi kesadaran merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas
dan Loyalitas Merek sebagai variabel independen dan minat berkunjung sebagai variabel
dependen.
Metode pengolahan data dan analisis menggunakan analisis regresi,analisis korelasi
berganda dan parsial serta determinasi berganda.Pengujian hipotesis menggunakan uji F
dan uji t dengan taraf signifikan 5%.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui hasil
uji secara simultan atau uji F maupun uji secaraparsial atau uji t membuktikan bahwa ada
pengaruh yang signifikan antara variabel ekuitas merek pariwisata Lombok terhadap minat
berkunjung Mahasiswa UII. Dari hasil analisis koefisien determinasi parsial dapat diketahui
bahwa variabel kesadaran merek memberikan pengaruh yang dominan tehadap minat
berkunjung Mahasiswa UII Yogyakarta.
Kata Kunci : Ekuitas Merek, Minat Berkunjung
Collections
- Management [4534]