Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga, Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Makan “OP” (olehe pasuduluran) (studi kasus di Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta)
Abstract
Skripsi ini berjudul Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan
Harga, Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Makan “OP” (olehe pasuduluran) (studi
kasus di Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta)
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menjelaskan Kualitas Produk, Kualitas
Pelayanan, dan Harga, Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Makan “OP” (olehe
pasuduluran) serta untuk mencari variabel yang paling kuat berpengaruh terhadap
kepuasan konsumen.
Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dan metode statistik. Hal ini
bertujuan agar penelitian yang dihasilkan lebih akurat, sehingga dapat dicari solusi
yang tepat. Metode deskriptif dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner,
selanjutnya kuesioner diolah menggunakan bantuan komputer melalui program SPSS.
Populasi yang diteliti adalah konsumen Rumah Makan “OP” (olehe pasuduluran) di
Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta. Sampel yang digunakan adalah 96 orang.
Metode statistik yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji
normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedstisitas, uji F, uji t parsial, uji koefisien
determinasi ganda, uji koefisien korelasi berganda, uji koefisien determinasi parsial,
dan uji koefisien korelasi parsial.
Hasil uji F diperoleh Fhitung sebesar 28,354 dan probabilitas (Sig-F) sebesar
0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, atau dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh secara bersama-sama atribut produk yang terdiri dari Kualitas Produke,
Kualitas Pelayanan, dan harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan
“OP” (olehe pasuduluran). Sedangkan koefisien korelasi berganda (R) menunjukkan
keeratan hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Hasil koefisien
korelasi berganda sebesar 0,693. Nilai ini cenderung mendekati angka 1 sehingga dapat
diartikan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara atribut produk (Kualitas Produk,
Kualitas Pelayanan, dan Harga) dengan kepuasan konsumen. Sedangkan koefisien
korelasi berganda (R) menunjukkan keeratan hubungan antara variabel bebas dengan
variabel terikat. Hasil koefisien korelasi berganda seperti pada sebesar 0,693. Nilai ini
cenderung mendekati angka 1 sehingga dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang
kuat antara atribut produk (Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga) dengan
kepuasan Konsumen. Koefisien determinasi parsial terbesar ditunjukkan oleh variabel
Kualitas Produk sebesar 20,2%. Hasil ini berarti untuk variabel Kualitas Produk
mempunyai pengaruh dominan terhadap Kepuasan Konsumen. Dengan demikian
hipotesis kedua yang menyatakan Kualitas Produk merupakan faktor yang paling
dominan dan berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Makan “OP”
(olehe pasuduluran) dapat diterima.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas pelayanan, Harga, dan Kepuasan Konsumen
Collections
- Management [4703]