Efektivitas Konsep Iklan Bersambung Dan Iklan Lepas Terhadap Minat Beli Mahasiswa (Studi Komparatif Konsep Iklan Pond’s Flawless White dan Pond’s White Beauty Terhadap Minat Beli Mahasiswi UII)
Abstract
Enggar Pratolo Jati. 05331056. Efektivitas Konsep Iklan Bersambung dan
Iklan Lepas Terhadap Minat Beli (Studi Komparatif Konsep Iklan Pond’s
Flawless White dan Pond’s White Beauty Terhadap Minat Beli Mahasiswi
UII). Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi
dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. 2012.
Iklan merupakan salah satu alat bauran promosi yang digunakan sebagai
alat pengantar pesan untuk membentuk sikap konsumen. Iklan bisa digunakan
untuk membentuk citra jangka panjang sebuah produk dan juga untuk
menggerakkan penjualan cepat. Penggunaan konsep iklan yang tepat bisa menjadi
salah satu kekuatan baru yang dapat digunakan produsen untuk memperkuat
maksud dan tujuan dari produk yang diiklankan.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui efektifitas konsep
iklan bersambung Pond’s Flawless White terhadap Minat beli., 2) Untuk
mengetahui efektifitas konsep iklan lepas Pond’s White Beauty terhadap Minat
beli., 3) Untuk mengetahui perbandingan efektifitas konsep iklan bersambung
Pond’s Flawless White dan konsep iklan lepas Pond’s White Beauty terhadap
Minat Beli Mahasiswi UII Yogyakarta. Metode yang digunakan yaitu eksplanasi
survey yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan membedakan pengaruh
dengan pendekatan kuantitatif. Dimana pada penelitian kuantitatif ini sumber
datanya diperoleh dari kuesioner yaitu pengumpulan data dengan menyebar daftar
pertanyaan kepada responden, dengan harapan mereka akan memberikan respon
atas daftar pertanyaan tersebut.
Dari hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa konsep iklan bersambung
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Minat Beli Mahasiswi UII
Yogyakarta. Hal ini ditunjukan dengan koefisien korelasi sebesar 73,5% yang
berarti bahwa konsep iklan bersambung dan minat beli memiliki kriteria
hubungan yang sangat kuat. Konsep iklan lepas dan minat beli juga memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan. Hal ini ditunjukan dengan koefisien korelasi
sebesar 38,6% yang berarti keeratan hubungan antara konsep iklan bersambung
dan minat beli berada pada kriteria hubungan yang sedang.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konsep iklan bersambung
lebih memiliki pengaruh yang positif dan kuat bila dibandingkan dengan konsep
iklan lepas terhapa minat beli mahasiswi UII Yogyakarta.
Collections
- Communication [942]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Pengaruh Kredibilitas Endorser Dan Kreativitas Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Yang Mempengaruhi Sikap Konsumen Terhadap Merek (Studi Kasus Iklan Televisi pada Konsumen Sepeda Motor Honda di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia)
Randu Kurniawan (Universitas Islam Indonesia, 2012)Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh pengaruh Kredibilitas model iklan (Endorser Credibility) terhadap Efektivitas iklan, pengaruh kreativitas iklan terhadap Efektivitas iklan, pengaruh Efektivitas iklan ... -
REPRESENTASI ANAK MUDA DALAM IKLAN TELEVISI (Analisis Semiotik Iklan Extra Joss Blend Versi Aliando dan Mizone Versi Bantu Semangat Oke Lagi)
Iman Pujo Pangestu, 12321027 (Universitas Islam Indonesia, 2018-02-18)Iklan adalah wadah untuk menginformasikan atau mengenalkan sebuah produk pada masyarakat luas. Peranan iklan sangatlah penting dimana iklan berfungsi sebagai wadah untuk menginformasikan produk kepada masyarakat. Melalui ... -
Sikap terhadap Iklan Yamaha dengan Bintang Iklan Selebriti dan Pengaruhnya terhadap Minat Beli Konsumen
Suhardjo, Moh (UII Yogyakarta, 2005)Skripsi ini berjudul sikap terhadap iklan Yamaha dengan bintang iklan selebnti dan pengaruhnya terhadap minat beli konsumen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang berumur diatas 17 tahun dan berdomisili ...