Analisis Keyakinan Dan Sikap Terhadap Iklan Online Diantara Konsumen Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap konsumen yang
didalamnya terdapat komponen keyakinan (kognisi), sikap terhadap iklan online
(afeksi) dan perilaku klik iklan (konasi), diantara konsumen Yogyakarta. Data
yang dikumpulkan berasal dari konsumen Yogyakarta yang pernah melihat iklan
online yang ada di website. Total responden yang digunakan penelitian ini
berjumlah 190 responden dan dianalisa menggunakan program AMOS.
Lima faktor keyakinan (kognitif) yang mendasari konsumen Yogyakarta
yang teridentifikasi ialah informasi, hiburan, kredibilitas, ekonomi dan nilai.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua lima faktor keyakinan (kognitif)
menjadi prediktor positif yang signifikan pada sikap terhadap iklan online
(afektif). Sikap terhadap iklan online (afektif) yang ditemukan juga menjadi
prediktor positif yang signifikan pada perilaku klik iklan (konatif). Secara umum,
pemasar global akan menemukan manfaat dalam mengetahui bagaimana
konsumen menganggap internet sebagai sumber iklan. Lebih jauh lagi, penelitian
ini dapat memberikan manfaat kepada suatu bisnis atau organisasi untuk
menggunakan iklan online lebih efektif dan efisien dalam upaya pemasaran
global.
Kata kunci: Perilaku Konsumen, Periklanan, Media Periklanan, Internet,
Yogyakarta
Collections
- Management [4587]