Analisis Pengaruh Sertifikasi Halal Dan Proses Pelabelan Terhadap Halal Supply Chain Performance (Studi Pada Produsen Makanan Dan Minuman Bersertifikat Halal Di Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari sertifikasi halal
dan proses pelabelan pada suatu produk terhadap halal supply chain performance.
Penelitian dilaksanakan terhadap produsen makanan dan minuman bersertifikat
halal di Yogyakarta. Sampel penelitian adalah produsen makanan dan minuman
bersertifikat halal di Yogyakarta yang berjumlah 30 responden. Teknik sampling
yang digunakan adalah purposive sampling yaitu produsen makanan dan
minuman bersertifikat halal di Yogyakarta yang sudah berumur minimal tahun
dalam produksi usahanya. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner
(angket). Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa
sertifikasi halal terbukti berpengaruh signifikan terhadap halal supply chain
performance pada produsen makanan dan minuman bersertifikat halal di
Yogyakarta. Dan kemudian proses pelabelan juga terbukti berpengaruh signifikan
terhadap halal supply chain performance pada produsen makanan dan minuman
bersertifikat halal di Yogyakarta.
Collections
- Management [4550]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Literasi Halal, Kepatuhan Jaminan Produk Halal, dan Motivasi Finansial terhadap Keputusan Sertifikasi Halal di Rumah Makan Gudeg Sagan Yogyakarta
Zahra, Carissa Layyina (Universitas Islam Indonesia, 2023)Selama fase penahapan kewajiban sertifikasi halal berlangsung, produsen diharuskan secara bertahap untuk memproduksi produk yang telah bersertifikat halal sesuai dengan UU No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. ... -
ANALISIS PENGARUH SERTIFIKASI HALAL DAN PROSES PELABELAN TERHADAP HALAL SUPPLY CHAIN PERFORMANCE (Studi pada Produsen Makanan dan Minuman Bersertifikat Halal di Yogyakarta)
Rohman, Aulia Fathur (Universitas Islam Indonesia, 2023-04-03)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari sertifikasi halal dan proses pelabelan pada suatu produk terhadap halal supply chain performance. Penelitian dilaksanakan terhadap produsen makanan dan minuman ... -
IMPLEMENTASI MARKETING SYARIAH PADA SUPERMARKET DE’ HALAL MART YOGYAKARTA Implementation of Sharia Marketing in Supermarket De 'Halal Mart Yogyakarta
Ni’ma Khoirunnisa, 14423230 (Universitas Islam Indonesia, 2018-04-05)Konsep pemasaran syariah terus berkembang seiring berkembangnya ekonomi syariah. Beberapa perusahaan dan bank khususnya yang berbasis syariah telah menerapkan konsep ini dan telah mendapatkan hasil yang positif. Sekarang ...