Pengaruh Literasi Halal, Kepatuhan Jaminan Produk Halal, dan Motivasi Finansial terhadap Keputusan Sertifikasi Halal di Rumah Makan Gudeg Sagan Yogyakarta
Abstract
Selama fase penahapan kewajiban sertifikasi halal berlangsung, produsen
diharuskan secara bertahap untuk memproduksi produk yang telah bersertifikat
halal sesuai dengan UU No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Gudeg
merupakan salah satu kuliner di Yogyakarta, namun masih banya rumah makan
gudeg yang belum mempunyai sertifikat halal salah satunya Gudeg sagan yang
hanya memiliki sertifikat BPOM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh literasi halal, kepatuhan jaminan produk halal, dan motivasi finansial
terhadap keputusan sertifikasi halal sebagai langkah untuk memenuhi persyaratan
UU JPH. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan
wawancara kepada pemilik rumah makan gudeg sagan Yogyakarta sebagai subjek
penelitian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
Atlast.ti 23 untuk mengolah data hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa literasi halal, kepatuhan jaminan produk halal, dan motivasi finansial
memiliki pengaruh terhadap keputusan sertifikasi halal. Proses sertifikasi halal
yang memakan waktu lama sehingga menimbulkan pertanyaan mengenai prosesnya
dan, selain itu sikap sungkan produsen untuk melakukan konfirmasi terkait
sertifikasi halal menjadi penghalang sehingga diperlukan pendampingan yang
berkelanjutan untuk membantu pelaku usaha dalam proses sertifikasi halal.
Collections
- Islamic Economics [836]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Pengaruh Sertifikasi Halal Dan Proses Pelabelan Terhadap Halal Supply Chain Performance (Studi Pada Produsen Makanan Dan Minuman Bersertifikat Halal Di Yogyakarta)
AULIA FATHUR ROHMAN (Universitas Islam Indonesia, 2021-10-04)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari sertifikasi halal dan proses pelabelan pada suatu produk terhadap halal supply chain performance. Penelitian dilaksanakan terhadap produsen makanan dan minuman ... -
ANALISIS PENGARUH SERTIFIKASI HALAL DAN PROSES PELABELAN TERHADAP HALAL SUPPLY CHAIN PERFORMANCE (Studi pada Produsen Makanan dan Minuman Bersertifikat Halal di Yogyakarta)
Rohman, Aulia Fathur (Universitas Islam Indonesia, 2023-04-03)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari sertifikasi halal dan proses pelabelan pada suatu produk terhadap halal supply chain performance. Penelitian dilaksanakan terhadap produsen makanan dan minuman ... -
IMPLEMENTASI MARKETING SYARIAH PADA SUPERMARKET DE’ HALAL MART YOGYAKARTA Implementation of Sharia Marketing in Supermarket De 'Halal Mart Yogyakarta
Ni’ma Khoirunnisa, 14423230 (Universitas Islam Indonesia, 2018-04-05)Konsep pemasaran syariah terus berkembang seiring berkembangnya ekonomi syariah. Beberapa perusahaan dan bank khususnya yang berbasis syariah telah menerapkan konsep ini dan telah mendapatkan hasil yang positif. Sekarang ...