Analisis Prestige, Status, dan Materialisme Terhadap Keputusan Pembelian Pada Telepon Seluler Jenis Smartphone (Studi kasus pada kalangan mahasiswa di Yogyakarta)
Abstract
Dewasa ini pengguna Smartphone khususnya anak muda terutama di Yogyakarta
dari waktu kewaktu terus menerus mengalami peningkatan, hal ini terbukti dengan
mudah ditemukannya anak muda berlalu-lalang sambil asik mengotak atik Smartphone
dibeberapa Universitas terkemuka. Bertambahnya pengguna Smartphone ini tak lepas
dari perkembangan zaman serta tingginya Hedonisme yang hinggap pada anak muda
Indonesia, khususnya Yogyakarta.
Untuk dapat memahami faktor Hedonisme konsumen anak muda, dibutuhkan
suatu pengamatan. Dengan melihat gambaran tersebut maka penulis melakukan
penelitian terhadap keputusan konsumen dalam memilih Smartphone. Dalam
melakukan penelitian ini peneliti mengunakan beberapa variabel dari Hedonisme yang
dianggap sebagai dasar bagi para konsumen untuk melakukan pembelian Smartphone,
variabel itu meliputi: Prestige, Status, dan Materialisme. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah para masiswa yang telah memiliki Smartphone dibeberapa
Universitas terkemuka Yogyakarta, yang berjumlah 100 responden. Pengumpulan data
menggunakan metode kuesioner. Sedangkan untuk analisis data digunakan metode uji
validitas, uji reliabilitas, analisis regresi berganda, pengujian signifikansi, dan analisis
korelasi berganda.
Berdasarkan hasil kuesioner yang dilakukan oleh penulis guna memperoleh data
yang dibutuhkan serta dengan pendekatan ilmu dan alat analisis tersebut dapat diketahui
bahwa faktor-faktor tersebut berpengaruh terhadap keputusan konsumen di Yogyakarta
dalam membeli Smartphone. Faktor yang paling dominan pengaruhnya dari faktorfaktor
yang diteliti tersebut adalah faktor Prestige dengan nilai koefisien determinasi
parsial sebesar 13,5%, sedangkan variabel yang paling kecil pengaruhnya adalah
Materialisme dengan nilai koefisien determinasi parsial sebesar 8,3%.
Collections
- Management [4534]