Pengaruh Endorsement Oleh Selebritis Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Iklan Shampo L'oreal Oleh Dian Sastrowardoyo)
Abstract
Salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk
mengkomunikasikan produknya dalam rangka mendorong pembelian terhadap
produk tersebut adalah dengan menggunakan selebriti sebagai endorser.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui adanya pengaruh kredibilitas
selebriti endorser yang terdiri dari variabel independen (bebas) yaitu daya tarik,
kepercayaan, dan keahlian terhadap variabel dependen (terikat) yaitu minat beli
konsumen pada produk shampo L'oreal. Serta untuk mengetahui variabel mana
yang paling dominan pengaruhnya terhadap minat beli produk shampo L'oreal.
Penulis memiliki beberapa hipotesis bahwa variabel-variabel tersebut adalah
variabel-variabel yang memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen.
Penelitian ini merupakan penelitian survei lapangan. Survei ini ditujukan
kepada responden untuk menilai persepsi responden pada iklan shampo L'oreal
oleh selebriti Dian Sastrowardoyo sebagai endorser. Adapun populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah semua wanita yang berusia antara 15-40
tahun yang tinggal di wilayah kecamatan depok, kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Dengan pengambilan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probabilitas sampling
(purposive sampling). Untuk membuktikan hipotesis tersebut, peneliti
menggunakan analisa baik deskriptif maupun analisa statistik diantaranya regresi
linier berganda, uji F, uji T, dan uji koefisien determinasi. Pengujian hipotesis
mengguakan uji F dan uji t dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel kredibilitas
selebriti endorser yang terdiri dari variabel daya tarik, kepercayaan, dan keahlian
berpengaruh signifikan positif terhadap minat beli konsumen. Hal ini ditunjukkan
dari hasil uji t dan uji F yang kesemuanya signifikan secara statistik. Variabel
kredibilitas endorser selebriti yang memiliki kontribusi paling besar terhadap
minat beli calon konsumen adalah variabel daya tarik (attractiveness) yang terdiri
dari daya tarik fisik (penampilan yang menarik, terlihat berkelas, cantik, elegan,
dan seksi) dan daya tarik pribadi endorser (penampilan pribadi yang menarik).
Katakunci : kredibilitas endorser, minat beli konsumen
Collections
- Management [4539]