Show simple item record

dc.contributor.advisorSumadi, Drs, M.Si.
dc.contributor.authorKiki Fitriana
dc.date.accessioned2022-03-22T04:10:17Z
dc.date.available2022-03-22T04:10:17Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/36702
dc.description.abstractSalah satu langkah yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya dalam rangka mendorong pembelian terhadap produk tersebut adalah dengan menggunakan selebriti sebagai endorser. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui adanya pengaruh kredibilitas selebriti endorser yang terdiri dari variabel independen (bebas) yaitu daya tarik, kepercayaan, dan keahlian terhadap variabel dependen (terikat) yaitu minat beli konsumen pada produk shampo L'oreal. Serta untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan pengaruhnya terhadap minat beli produk shampo L'oreal. Penulis memiliki beberapa hipotesis bahwa variabel-variabel tersebut adalah variabel-variabel yang memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian survei lapangan. Survei ini ditujukan kepada responden untuk menilai persepsi responden pada iklan shampo L'oreal oleh selebriti Dian Sastrowardoyo sebagai endorser. Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua wanita yang berusia antara 15-40 tahun yang tinggal di wilayah kecamatan depok, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dengan pengambilan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probabilitas sampling (purposive sampling). Untuk membuktikan hipotesis tersebut, peneliti menggunakan analisa baik deskriptif maupun analisa statistik diantaranya regresi linier berganda, uji F, uji T, dan uji koefisien determinasi. Pengujian hipotesis mengguakan uji F dan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel kredibilitas selebriti endorser yang terdiri dari variabel daya tarik, kepercayaan, dan keahlian berpengaruh signifikan positif terhadap minat beli konsumen. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t dan uji F yang kesemuanya signifikan secara statistik. Variabel kredibilitas endorser selebriti yang memiliki kontribusi paling besar terhadap minat beli calon konsumen adalah variabel daya tarik (attractiveness) yang terdiri dari daya tarik fisik (penampilan yang menarik, terlihat berkelas, cantik, elegan, dan seksi) dan daya tarik pribadi endorser (penampilan pribadi yang menarik). Katakunci : kredibilitas endorser, minat beli konsumenen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectkredibilitas endorser, minat beli konsumenen_US
dc.titlePengaruh Endorsement Oleh Selebritis Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Iklan Shampo L'oreal Oleh Dian Sastrowardoyo)en_US
dc.Identifier.NIM08311134


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record