Motivasi Konsumen dalam Membeli Makanan Angkringan di Kecamatan Ngemplak Sleman Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini berjudul “ Analisis Motivasi Konsumen dalam Membeli Makanan
Angkringan di Kecamatan Ngemplak Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menitikberatkan
motivasi rasional dan emosional. Motivasi rasional terdiri dari harga produk, kualitas
produk. Sedangkan motivasi emosional yaitu suasana. Data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer. Peneliti menggunakan 96 responden, karakteristik
responden dibedakan berdasarkan gender, usia, pekerjaan, tingkat penghasilan/kiriman
dari orang tua, status pembelian, intensitas pembelian, dan tempat tinggal. Dalam Skripsi
ini peneliti menggunakan analisis chi- square untuk mengetahui perbedaan motivasi
konsumen dalam membeli makanan angkingan.
Hasil yang didapat yaitu ada perbedaan yang signifikan, motivasi konsumen dalam
membeli makanan angkringan di Kecamatan Ngemplak, berdasarkan jenis kelamin,
pendidikan, pekerjaan. Sedangkan pendapatan, umur, frekuensi, sumber informasi tidak
ada perbedaan yang signifikan. Sedangkan atribut yang paling memotivasi adalah harga.
Untuk Umur responden, memiliki rata-rata total harga sebesar 3.21 kategori tinggi, Jenis
kelamin responden, memiliki rata-rata total harga 3,25 kategori tinggi. Tingkat pendidikan
responden memiliki rata-rata total harga 3,22 kategori Tinggi. Pekerjaan responden,
memiliki rata-rata total harga 3,26 kategori sangat tinggi. Pendapatan responden memiliki
rata-rata total harga sebesar 3,22 kategori tinggi. Frekuensi pembelian, memiliki rata-rata
total harga sebesar 3,33 kategori sangat tinggi. Sumber informasi responden, memiliki
rata-rata total harga 3.24 kategori tinggi. Atribut yang paling dominan yaitu motivasi
rasional yaitu harga.
Kata kunci : Angkringan, Harga produk, kualitas produk, suasana, motivasi
Collections
- Management [4576]