Pengaruh Keterlibatan Konsumen Terhadap Kepercayaan Merek Dan Pembelian Ulang Di Klinik Perawatan Kulit Dan Kecantikan LBC Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini mengangkat judul “Pengaruh Keterlibatan Konsumen Terhadap
Kepercayaan Merek dan Pembelian Ulang Di Klinik Perawatan Kulit dan Kecantikan
LBC Yogyakarta”. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara
aspek multi-dimensi keterlibatan dan kepercayaan merek sebagai variabel mediasi, dan
pengaruhnya terhadap pembelian ulang konsumen.
Obyek dari penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan jasa
klinik perawatan kulit dan kecantikan LBC Yogyakarta dengan jumlah responden
sebanyak 100 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara survey / observasi
langsung dan penyebaran kuesioner kepada responden dengan metode covenience
sampling dimana responden akan menjadi sampel. Analisis dalam penelitian ini adalah
dengan melakukan uji validitas dan uji reliabilitas terhadap instrumen atau alat
pengujian data yang mana bila dinyatakan valid dan reliabel sehingga dapat
dilanjutkan dengan uji regresi.
Berdasarkan penelitian analisis regresi linier berganda diketahui bahwa
terdapat pengaruh secara serempak variabel keterlibatan konsumen yang terdiri dari
keterlibatan normatif, keterlibatan resiko subyektif, keterlibatan jangka panjang dan
keterlibatan situasional terhadap kepercayaan merek dan pembelian ulang konsumen
pada LBC Yogyakarta yaitu memiliki pengaruh signifikan dan positif sebesar 53,9% dan
sisanya sebesar 46,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam
model penelitian. Kemudian terdapat pengaruh signifikan dan positif variabel
keterlibatan konsumen terhadap pembelian ulang sebesar 50,5% dan sisanya sebesar
49,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.
Dan terdapat pengaruh signifikan dan positif variabel kepercayaan merek terhadap
pembelian ulang sebesar 25,4% dan sisanya sebesar 74,6% dipengaruhi variabel lain.
Kata kunci : keterlibatan konsumen, kepercayaan merek, pembelian ulang
Collections
- Management [4574]