Pengaruh Asosiasi Merek, Nilai Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Mobil Honda Jazz di Kota Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asosiasi merek, nilai produk dan
kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, mengetahui pengaruh asosiasi merek,
nilai produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen, mengetahui pengaruh
kepuasan terhadap loyalitas konsumen dan mengetahui pengaruh tidak langsung asosiasi
merek, nilai produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen
Honda Jazz di wilayah Yogyakarta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah
seluruh konsumen yang pernah melakukan pembelian Honda Jazz di Yogyakarta. Sampel
penelitian ini adalah 250 responden yang dianggap telah cukup mewakili populasi yang
diteliti. Teknik penarikan sampel menggunakan metode convenience sampling yaitu
merupakan prosedur sampling yang memilih sampel dari populasi yang paling mudah
ditemui di klub Jazz, Show Room maupun Auto Center di Kota Yogyakarta. Model analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif, Analisis Structural
Equation Model (SEM) dengan program AMOS 6.0.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh secara signifikan positif asosiasi
merek, nilai produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, terdapat
pengaruh secara signifikan positif asosiasi merek, nilai produk dan kualitas pelayanan
terhadap loyalitas konsumen, terdapat pengaruh secara signifikan kepuasan terhadap
loyalitas konsumen dan terdapat pengaruh tidak langsung positif secara signifikan asosiasi
merek, nilai produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen
Honda Jazz di wilayah Yogyakarta. Besarnya pengaruh tidak langsung asosiasi merek
terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen adalah sebesar 0,157, besar pengaruh tidak
langsung nilai produk terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen adalah sebesar 0,279
dan pengaruh tidak langsung kualitas pelayanan terhadap loyalitas melalui kepuasan
konsumen adalah sebesar 0,108.
Kata Kunci : asosiasi merek, nilai produk, kualitas pelayanan, kepuasan dan loyalitas
konsumen.
Collections
- Management [4703]